by

Mudik Gratis Hanya Layani 9 Kota Tujuan

tips tips bermubik
Mudik Gratis untuk 9 kota tujuan di Pulau Jawa.

Depokrayanews.com- Program Mudik Gratis kembali digelar Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Tahun ini ada 9 kota tujuan yang dilayani program mudik gratis yakni
Tegal, Purwokerto, Semarang, Kebumen, Wonosobo, Yogyakarta, Magelang, Wonogiri, dan Solo.

Kemudian, kementerian juga melayani arus balik, namun hanya di tiga titik yaitu Semarang, Solo dan Yogyakarta. Semuanya dengan kota tujuan Jakarta.

“Ini sudah tahun kelima Kementerian Perhubungan mengadakan program Mudik Gratis dan setiap tahunnya Kota Depok selalu dilibatkan. Alhamdulillah program seperti ini disambut antusias warga,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana di Balaikota, Selasa (30/05/2017).

Menurut Gandara, syarat untuk bisa mengikuti program mudik gratis antara lain, sepeda motor harus dalam keadaan original dan laik jalan, STNK dan pajak kendaraan dalam keadaan hidup (dilunasi), membawa identitas diri seperti KTP, KK, STNK dan SIM.

Sementara itu, Person In Charge (PIC) Mudik Gratis, Ardi Hardiansyah mengatakan, pendaftaran dibuka setiap hari di Terminal Depok Jalan Margonda sampai tanggal 16 Juni 2017.

Kementerian Perhubungan menyediakan 8.000 kursi. Sepeda motor yang sudah didaftarkan, diserahkan pada 19-20 Juni di Perum Bulog Divre 1 Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sepeda motor akan diangkut oleh truk sedangkan pemudiknya diangkut dengan bus pada tanggal 22 Juni dan berangkat dari Pantai Karnaval Ancol.

Untuk pendaftaran dibuka sistem online dan offline. Sistem online maksudnya, warga bisa mendaftar melalui internet dan divalidasi ke petugas penerima berkas di Terminal Depok maksimal tiga hari.

Sedangkan sistem offline, calon pemudik datang langsung ke lokasi pendaftaran yaitu di Terminal Depok dengan membawa kelengkapan dokumen.

“Nanti motor yang diangkut truk itu, diambil di terminal-terminal kota tujuan pemudik. Gratis tidak dipungut biaya apapun,” kata dia. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *