by

Muhaimin Iskandar: Vaksinasi Pasti Gagal kalau Pemerintah One Man Show

Depokrayanews.com- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj, menilai pemerintah terkesan bermain sendiri dalam penanganan pandemi Covid-19 karena PBNU awalnya tidak pernah diajak pemerintah dalam upaya menangani Covid-19.

“Dulu awal-awal setahun kemarin sama sekali kita tidak pernah diajak bersama-sama mengatasi pandemi ini. Jangankan diajak, diajak ngomong pun tidak,” kata Said dalam tausyiahnya di acara doa dan syukuran hari lahir PKB ke-23 yang digelar secara daring, pada Jumat 23 Juli 2021.

Menurut Said, pandemi tidak akan bisa diselesaikan tanpa mengajak kelompok dan organisasi masyarakat. Namun baru belakangan PBNU diajak untuk ikut dalam upaya vaksinasi di beberapa tempat.

“Oleh karena itu benar apa kata Mas Muhaimin (Ketum PKB) yang tadi, selama ini pemerintah masih gagal dalam menghadapi wabah pandemi covid-19,” kata Said.

Sebelumnya di acara yang sama Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, menyoroti penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah. Menurutnya vaksinasi yang dilakukan pemerintah saat ini gagal jika pemerintah bergerak sendiri.

“Vaksinasi ini pasti gagal kalau pemerintah one man show atau menjalankan sendiri. Mulai sekarang alhamdulillah pelan-pelan keterlibatan semua masyarakat ini mutlak dibutuhkan dilakukan,” kata dia.

Oleh karena itu dirinya menilai strategi pembangunan yang dibutuhkan saat ini tidak hanya top-down, tetapi bottom-up. Penanganan Covid-19 juga diharapkan tidak lagi dilakukan secara satu arah tetapi seluruh arah diharapkan bergerak.

“Satu-satunya cara yang bisa mengejar ketertinggalan ini adalah vaksinasi dipercepat secepat-cepatnya, dilakukan sebanyak-banyaknya melibatkan semua kekuatan dan saya mendorong kita semua mendorong mari kita ajak kekuatan masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan vaksinasi ini,” kata dia. (mad/rol)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *