by

Muhammadiyah Terbitkan Protokol Penyembelihan Hewan Kurban

Hati-hati membeli hewan kurban, cek kesehatan hewannya dengan seksama.

Depokrayanews.com- Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan ketentuan protokol penyembelihan hewan kurban.

Meski demikian, sebenarnya warga Muhammadiyah didorong mengalihkan dana kurban untuk membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agus Samsudin dalam Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 06/EDR/1.0/E/2020 menyampaikan protokol pelaksanaa sholat Idul Adha dan ibadah kurban.

Menurut Agus, apabila panitia tetap menyelenggarakan pemotongan hewan kurban secara mandiri, maka panitia harus melaksanakan protokol penyembelihan hewan kurban sebagai berikut.

“Kepanitiaan dibentuk hanya dalam jumlah terbatas yang memungkinkan untuk dapat menjaga jarak. Dalam penyembelihan, jika memungkinkan, panitia dapat menggunakan jasa tukang sembelih profesional untuk mempercepat proses penyembelihan dan pengelolaan hewan kurban,” kata Agus dalam surat Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Rabu 24 Juni 2020.

Ia mengatakan, panitia disarankan menambah lokasi penyembelihan atau mengatur waktu penyembelihan untuk mengurangi kerumunan dalam satu waktu dan tempat. Panitia atau pelaksana penyembelihan hewan dan pengelolaan daging kurban menggunakan alat pelindung diri seperti masker yang digunakan secara benar menutup mulut dan hidung selama di lokasi, sarung tangan karet baru sekali pakai, menggunakan kacamata pelindung atau face shield, tidak merokok, dan menjaga jarak aman sekitar 1,5-2 meter.

Seluruh panitia dan warga yang dalam keadaan sakit seperti flu, batuk, demam, sakit tenggorakan dan lain-lain tetap tinggal di rumah. Anak-anak kurang dari 10 tahun dan orang dewasa di atas 50 tahun yang mempunyai penyakit penyerta seperti darah tinggi, jantung, diabetes, penyakit paru-paru, dan lain-lain juga tetap tinggal di rumah.

“Di lokasi pemotongan, panitia melakukan penyemprotan desinfeksi pada semua peralatan yang akan digunakan, baik sebelum dan sesudah proses pemotongan dan pengelolaan daging kurban,” ujarnya.

Agus mengatakan, panitia menyediakan air mengalir, sabun, hand sanitizer, masker, face shield dan sarung tangan karet sekali pakai. Apabila panitia akan mendistribusikan hewan kurban ke tempat atau daerah lain, sebaiknya diberikan dalam bentuk hewan yang belum disembelih, bukan berbentuk daging.

Panitia membuat atau menyertakan panduan pengolahan daging dalam plastik atau bungkus kemasan daging yang dibagikan kepada jamaah. “Setelah melaksanakan kegiatan, panitia dan warga segera pulang ke rumah dengan melaksanakan protokol kesehatan, cuci tangan sebelum masuk rumah, mandi, ganti pakaian,” jelasnya.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga menyampaikan bahwa 1 Zulhijah 1441 H jatuh pada 22 Juli 2020. Hari Arafah pada 9 Zulhijah 1441 H jatuh pada 30 Juli 2020. Kemudian Idul Adha pada 10 Zulhijah 1441 H jatuh pada 31 Juli 2020. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *