by

Mulai 16 April Dilakukan Ujicoba Aturan Ganjil-Genap di Pintu Tol Cibubur 2

Tol Cijago (Cinere-Jagorawi)
Tol Cijago (Cinere-Jagorawi) sebagian sudah beroperasi.

DepokRayanews.com- Pemerintah akan memberlakukan ujicoba aturan pembatasan kendaraan pribadi dengan plat nomor ganjil genap di ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan tol Jakarta-Tangerang mulai 16 April 2018.

Aturan ini hanya akan diterapkan terutama di pintu tol Cibubur 2, sedangkan untuk pintu tol dari arah Bogor tidak diberlakukan.

“[Ganjil genap] akan ada ujicoba mulai 16 April dan implementasi awal Mei,” kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihantono, Jumat.

Aturan ganjil genap ini diterapkan, karena volume kendaraan yang melewati tol Jagorawi terutama dari arah Cibubur ke Cawang sudah di atas 1 persen, di atas kapasitas rata-rata 0,8 persen.

Selain itu, evaluasi penerapan ganjil genap di ruas tol Jakarta-Cikampek dinilai berhasil mengurai kemacetan sehingga akan diterapkan di tol Jagorawi.

Uji coba ganjil genap ini akan diberlakukan untuk Golongan I atau kendaraan pribadi. Sedangkan untuk truk barang tidak dibatasi karena lalu lintas kendaraan angkutan berat di ruas tol ini tidak sepadat di tol Jakarta-Cikampek.

Penerapan ganjil genap itu tidak berlaku untuk mobil pimpinan lembaga negara, mobil pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional, mobil angkutan umum (pelat kuning), mobil dinas pemerintah, ambulans, dan mobil pemadam kebakaran.

Pemerintah akan menyediakan bus premium seperti telah diberlakukan di tol Jakarta-Cikampek agar masyarakat beralih ke angkutan umum menuju Jakarta. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *