by

Mulai 5 Februari Diberlakukan Larangan Terbang Indonesia-China

Menhub Budi Karya Sumadi.

DepokRayanews.com- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah akan menunda seluruh penerbangan dari Indonesia ke China pun sebaliknya mulai Rabu 5 Februari 2020. Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Budi menyebutkan keputuskan tersebut diambil berdasarkan kesepakatan dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan yang memegang kendali penanganan Virus Corona.

“Penerbangan dari dan ke mainland China ditunda mulai hari Rabu 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB dan dilakukan dengan batas waktu yang belum ditetapkan,” kata Budi Senin 3 Februari 2020.

Budi meminta maskapai penerbangan untuk segera mengurus permasalahan tiket akibat penundaan penerbangan.
“Ini lebih banyak disampaikan bahwa agar ada perlindungan terhadap konsumen. Kita akan berikan jalan keluar berkaitan dengan tiket-tiket yang sudah dipesan apakah akan dialihkan atau berlaku untuk tujuan yang sama,” katanya.

Kemenhub juga mulai menghitung potensi kerugian akibat penutupan penerbangan dari dan ke Wuhan, China. Sektor pariwisata dan ekonomi diprediksi akan mengalami penurunan akibat wabah Virus Corona.

“2-3 hari mendatang kita akan membahas dalam ratas, hal-hal yang berkaitan dengan akibat-akibat ekonomi dari kegiatan penundaan penerbangan ke dan dari China,” katanya. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed