by

Mulai Juni Ada Perubahan Jadwal Perjalanan KAI Cummuter

DEPOKRAYANEWS.COM- PT Kereta Api Indonesia Commuter akan memberlakukan grafik perjalanan kereta api (Gapeka 2023) mulai 1 Juni 2023 mendatang sehingga bakal merubah atau menyesuaikan layanan perjalanan kereta api KAI Commuter, mulai dari KRL Jabodetabek, KA Lokal Merak, hingga KA Bandara Soekarno-Hatta.

Sebagai informasi, Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api, mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan untuk pengendalian perjalanan kereta api.

“Pada Gapeka 2023, pelayanan operasional perjalanan commuterline bertambah 61 perjalanan menjadi 1.232 perjalanan dengan secara bertahap akan mengoperasikan 100 trainset per harinya,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Senin 15 Mei 2023.

Anne menjelaskan, di lin atau jalur lalu lintas Bekasi, ada penambahan sebanyak 44 perjalanan untuk relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan via Manggarai ataupun via Pasar Senen. Lalu penambahan juga terdapat pada lin-lin Jabodetabek lainnya, seperti 14 perjalanan di lin Tanjung Priok, delapan perjalanan di lin Tangerang, dan enam perjalanan di lin Bogor.

Selain adanya penambahan perjalanan, ada juga penyesuaian untuk waktu tunggu atau headway pemberangkatan dan peningkatan rata-rata kecepatan perjalanan.

“Pada lin Bekasi rata-rata headway menjadi sembilan menit dari yang sebelumnya 12 menit. Untuk lin Rangkasbitung headway menjadi 12 menit yang sebelumnya 14 menit. Sedangkan untuk lin Tangerang dan lin Tanjung Priok headway yang semula masing-masing selama 20 menit menjadi 18 menit,” kata dia.

Sedangkan peningkatan rata-rata kecepatan perjalanan, pada lin Cikarang yang sebelumnya rata-rata 70 km/jam menjadi 95 km/jam dan lin Tangerang yang sebelumnya memiliki kecepatan maksimal 70 km/jam menjadi 75 km/jam.

Anne melanjutkan, pada Gapeka 2023, dilakukan pula penyesuaian pada KA Lokal Merak, yakni pada waktu tempuh perjalanannya. Ada penyingkatan waktu delapan menit dari sebelumnya 116 menit menjadi 108 menit. Perjalanan KA Lokal Merak akan melayani pengguna sebanyak 14 perjalanan.

“Dalam Gapeka 2023 untuk tarif KA lokal Merak, yang sebelumnya direncanakan terdapat penyesuaian pada mulai 1 Juni 2023 menjadi Rp5.000, untuk sementara ditunda,” kata Anne.

Hal itu berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Perkeretaapian (Dirjenka) Kementerian Perhubungan No: KA.105/1/2/DJKA/2023 tanggal 4 Mei 2023 terkait penundaan penyesuaian tarif KA penugasan penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO). “Sehingga tarif KA Lokal Merak masih sama, yakni sebesar Rp3.000 per perjalanan,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *