by

Mulyadi Kenal Program REHAB Lewat Mobile JKN

DEPOKRAYANEWS.COM– Kehadiran Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) menjadi suatu hal yang sangat ditunggu oleh banyak orang. Seperti Mulyadi (49), misalnya, salah satu peserta JKN yang memiliki tunggakan, langsung mendaftar untuk ikut dalam Program REHAB. Mulyani mengaku punya tunggakan yang cukup besar sehingga belum bisa membayarnya. Mulyadi sangat beryukur ada program cicilan bertahap, REHAB.

Mulyadi mengetahui ada Program REHAB dari Aplikasi Mobile JKN. Ia mengaku sudah lama menggunakan Mobile JKN karena banyak sekali manfaat yang dirasakan. Apalagi semakin hari semakin ada fitur tambahan yang semakin membantu peserta. Hanya bermodalkan kuota dan ponsel yang memadai, ia sudah bisa melakukan banyak aktifitas melalui Mobile JKN.

“Saya sekeluarga sudah terdaftar di Program JKN sejak tahun 2015, hal itu kami lakukan karena kami sadar betul pentingnya jaminan kesehatan khususnya untuk kami yang secara ekonomi masih rendah,” kata Mulyadi.

Dia mengaku jarang menggunakan Kartu JKN karena Alhamdulillah selalu diberi kesehatan. ”Kalaupun berobat kami tidak pernah mengalami iur biaya. Contohnya ketika istri saya melahirkan di Puskesmas Majapahit pada tahun 2019 lalu, tidak sepeserpun saya mengeluarkan biaya karena seluruhnya ditanggung BPJS Kesehatan,” ujar Mulyadi.

Mulyadi mengaku kemampuannya untuk terus disiplin membayar iuran JKN terpaksa terhenti pada saat pandemi datang di tahun 2020. Pekerjaannya sebagai teknisi service barang-barang elektronik tiba-tiba sepi dan ia mengaku mengalami masa sulit pada saat itu. Namun seiring berjalannya waktu perlahan ekonominya mulai membaik. Terutama diawal tahun 2022 berbarengan dengan hadirnya Program REHAB, sehingga tak pikir panjang ia pun langsung daftarkan diri sebagai peserta REHAB pada saat itu.

“Saya dan keluarga merasa sangat terbantu dengan Program JKN, dari awal terdaftar kami mendaftarkan diri menjadi peserta mandiri di kelas tiga,” kata dia.

Sebelumnya Mulyadi terdaftar dengan enam anggota keluarga. Namun sejak anak pertamanya menikah, tanggungan Mulyadi tinggal lima anggota keluarga. ”Sejauh ini kami tidak pernah mengalami pelayanan yang buruk dari BPJS Kesehatan Cabang Depok maupun dari Fasilitas Kesehatan (Faskes). Kami sangat bersyukur adanya Program JKN, karena saya dan keluarga sudah merasakan langsung manfaatnya. Itu juga yang membuat kami sadar untuk segera melunaskan tunggakan agar kelak, ketika sakit kami tidak perlu khawatir karena status kepesertaan sudah aktif di Program JKN,” jelas Mulyadi. (HT/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed