by

Musim Kemarau Panjang, Damkar Depok Ingatkan Bahaya Kebakaran dan Kekeringan

DEPOKRAYANEWS.COM– Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi bahaya kebakaran, kekeringan, dan pencemaran udara di tengah musim kemarau panjang seperti sekarang. Apalagi BMKG memperkirakan musim kemarau terjadi sampai Februari 2024 mendatang.

Imbauan itu disampaikan melalui Surat Edaran (SE) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nomor: 900/882-PP.damkar tentang Antisipasi Kebakaran, Kekeringan dan Pencemaran Udara.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPKP Kota Depok, Raden Gandara Budiana mengatakan, berdasarkan informasi Kepala Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adanya potensi badai El Nino yang menyebabkan musim kemarau 2023 di Indonesia lebih kering. Sehingga berdampak timbulnya bahaya kebakaran dan kekeringan.

“Menteri Dalam Negeri juga sudah mengeluarkan instruksi nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara pada Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Maka perlu adanya antisipasi kebakaran, kekeringan dan pencemaran udara yang dilakukan masyarakat,” kata Gandara seperti dikutip, Rabu 6 September 2023.

Menurut Gandara masyarakat harus melakukan sejumlah antisipasi. Yaitu, dilarang membakar sampah, dilarang membuang puntung rokok sembarangan dan menghindari bahan mudah terbakar dari panas matahari.

Masyarakat, kata dia, juga harus menghemat penggunaan air, membuat sumur resapan dan membuat tandon-tandon tempat penampungan air. Lalu, memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan dan banyak mengonsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi.

“Apabila terjadi kebakaran segera menghubungi Dinas Damkar pada call center 112,” kata Gandara. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *