by

NasDem Harap Anies Baswedan Pilih Cawapres Nonpartai

DEPOKRAYANEWS.COM- Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali mengusulkan agar Anies Baswedan memilih calon wakil presiden dari kalangan independen atau bukan kader partai politik tertentu karena cawapres dari nonparpol bisa menjaga hubungan koalisi partai politik pengusung Anies.

“Maka akan lebih bijak kalau kemudian tidak tarik-menarik. Ya sudah kita serahkan kepada Anies yang kemudian (cawapres) bukan (berasal) dari kader parpol,” kata Ali, kepada wartawan di Jakarta, Selasa 18 Oktober 2022.

Menurut Ali, jika cawapres bukan berasal dari partai, maka tidak akan ada kontrak politik. Terlebih, Anies pun bukan kader partai tertentu, sehingga cawapresnya lebih baik juga bukan kader partai politik.

“Terus kemudian kalau salah satu elite partai minta cawapresnya diambil dari partainya, terus kalau dua partai gimana? Akibatnya yang terjadi adalah transaksional kan, kita ingin menghilangkan hal-hal seperti itu,” kata Ali.

Seperti diberitakan, NasDem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Namun, NasDem harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk bisa mendaftarkan Anies ke KPU.

Sejauh ini, NasDem tengah menjajaki koalisi dengan Demokrat dan PKS. Namun, koalisi tak kunjung terbentuk. Pembahasan soal cawapres masih terus dilakukan oleh ketiga partai. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *