by

Nilai Ekspor Indonesia Catat Rekor Tertinggi, Rp 302 Triliun

Depokrayanews.com- Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan nilai ekspor Indonesia berhasil mencatatkan rekor tertinggi pada Agustus 2021 dengan nilai mencapai 21,42 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 302 triliun (kurs Rp14.142 per dolar).

“Indonesia berhasil mencatatkan rekor kenaikan ekspor tertinggi hingga 21,42 miliar dolar AS,” kata Lutfi dalam Trade Expo Indonesia, Kamis 21 Oktober 2021.

Neraca perdagangan Indonesia diketahui surplus setelah 17 bulan. Lutfi merasa gembira karena 2021 merupakan tahun yang baik bagi perekonomian dan sektor perdagangan Indonesia.

Hingga September 2021, nilai ekspor Indonesia naik 43,8 persen dan kenaikan impor sebesar 34 persen. Sehingga, total perdagangan naik sebesar 37,51 persen secara tahunan.

Lutfi yakini ini merupakan momentum terbaik perdagangan dan pemulihan ekonomi Indonesia dari pandemi covid-19.

Pekan lalu, Lutfi menghadiri pertemuan G20 dan menilai bahwa investasi dan industri akan terdampak secara positif dari pemulihan ekonomi global. Selain itu, perdagangan menjadi alat yang sangat kuat untuk industrialisasi hingga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Ia menegaskan perdagangan internasional harus dapat dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi global. Dan Lutfi akan terus melakukan kerja sama dengan berbagai negara untuk menciptakan perdagangan global yang saling memberi manfaat. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *