OJK Siapkan Kebijakan Restrukturisasi Kredit Sektor Properti dan Manufaktur

Sebarkan :

 

Sektor properti akan mendapat kebijakan restrukturisasi

Depokrayanews.com- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama pemerintah akan menyiapkan kebijakan restrukturisasi kredit khusus bagi sektor yang terdampak Covid-19. Adapun sektor tersebut mencakup properti, pariwisata, transportasi dan manufaktur.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan selama ini kebijakan restrukturisasi kredit diberikan kepada perbankan.

“Bukan hanya properti, hampir semua sektor menghadapi kondisi yang sama. Masing-masing bank dan lembaga pembiayaan mempunya fleksibilitas kemampuan dan keuangan,” kata Wimboh dalam keterangannya, Jumat 5 Juni 2020.

Menurutnya kebijakan baru ini memerlukan stimulus lanjutan. Hal ini mengingat banyak sekali sektor yang harus diberikan perhatian khusus akibat pandemi Covid-19.

“Kita fokus sektor bukan hanya properti tapi sebagaimana kebijakan pemerintah apapun sektornya, kalau dia pekerjakan orang banyak itu akan jadi prioritas. Jadi padat karya, prioritasnya apa, ini lagi kita identifikasi apa yang akan dilakukan,” kata dia.

Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Heru Kristiyana menambahkan POJK 11 telah memberikan ruang bagi bank untuk melakukan restrukturisasi. Bahkan, restrukturisasi jumlahnya tidak dibatasi, tetapi dengan menerapkan kaidah-kaidah tertentu.

“Penerapan restrukturisasi pun telah menyesuaikan dengan penilaian manajemen risiko yang dilakukan masing-masing bank,” kata dia.

Begitu juga dengan segmen properti, menurutnya, tetap menjadi perhatian bankir apabila sesuai dengan penilaian manajemen risiko.

“Tidak ada bank menolak restrukturisasi kalau betul-betul terdampak, kalau tidak direstrukturisasi kan bank bentuk cadangan kalau tidak akan macet. Bank memberi perhatian pada sektor-sektor yang terdampak,” kata dia. (rol)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Orang Bogor Ingin ke Bandung Tidak Perlu Lagi ke Gambir

Depokrayanews.com- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengoperasikan (reaktivasi) jalur kereta api (KA) Cianjur – Ciranjang – ...