Olah Fisik Plank Sedang Naik Daun, Apa Itu?

Sebarkan :

 
Olah fisik

Olah fisik planking kini sedang naik daun dan banyak digandrungi.

Depokrayanews.com- Salah satu olah fisik yang sedang digandrungi saat ini adalah planking . Aktivitas fisik ini diklaim sangat baik untuk otot perut, walaupun sebenarnya bagus untuk tubuh secara keseluruhan. Dan yang tak kalah penting, olahraga ini tidak membutuhkan alat.

Bagaimana cara melakukannya?
Posisikan badan di lantai menghadap ke bawah seperti hendak melakukan push-up . Tumpukan bagian atas tubuh pada siku dan tangan membentuk sudut 90 derajat. Posisi siku tepat di bawah bahu dan seluruh badan -dari kepala sampai kaki, harus dalam keadaan lurus.

Tahan posisi itu selama mungkin dengan target setidaknya 2 menit. Semakin lama kita bisa bertahan, hasilnya semakin baik. Menurut pelatih kekuatan fisik Keith Scott, buat mereka yang baru pertama kali mencoba, bisa bertahan selama 30 detik saja sudah luar biasa.

Apa manfaat melakukan plank setiap hari?

1. Kekuatan dan performa inti tubuh meningkat

2. Mengurangi risiko terkena cedera punggung

3. Metabolisme membaik

4. Memperbaiki postur tubuh

5. Meningkatkan keseimbangan secara keseluruhan

6. Tubuh menjadi lebih fleksibel

7. Kesehatan mental ikut membaik

Lalu apa kesalahan paling umum saat melakukan plank

1. Membiarkan pinggul, kepala, dan bahu dalam posisi menurun

2. Memposisikan tangan terlalu dekat sehingga menyebabkan persendian bahu tidak stabil

3. Menahan napas

4. Berusaha menahan posisi terlalu lama. Lebih baik menjaga posisi tubuh agar tepat dalam periode yang singkat, daripada melakukannya cukup lama tapi posisi tubuh tidak tepat.

Pelatih fisik Estelle Underwood mengatakan, berusaha menjaga posisi tubuh tetap baik juga akan mengurangi risiko cedera. Bila kita merasakan sakit di leher dan punggung bawah saat berlatih, mungkin ada
nya indikasi kelemahan di bagian atas atau bawah tulang punggung, jelas Underwood kepada Huffington Post . (tempo)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hotel Sifaana Depok Bersedia Jadi Lokasi Karantina Pasien Covid-19

Depokrayanews.com- Hotel Sifaana di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, bersedia menjadi tempat lokasi karantina pasien ...