Olik Abdul Holik Dikabarkan akan Kembali Jadi Dirut PDAM Tirta Asasta Depok

Sebarkan :

 
Dirut PDAM Tirtas Asasta Depok

Dirut PDAM Tirtas Asasta Depok Muhammad Olik Abdul Holik.

Depokrayanews.com- Muhammad Olik Abdul Holik, Ak, M.Si dikabarkan bakal kembali menjadi Direktur Utama PDAM Tirta Asasta Kota Depok setelah menjalani proses seleksi yang dilakukan sejak bulan Mei lalu sampai awal pekan ini.

Ini akan menjadi periode ketiga bagi Olik mempimpin PDAM Tirta Asasta sejak PDAM Tirta Asasta masih berstatus UPT sebelum Tahun 2015.

Dari awal proses seleksi calon direksi PDAM Tirta Asasta Depok diikuti 9 orang, kemudian mengerucut jadi 4 orang sampai pada proses wawancara dengan Walikota Depok yakni Dr Ade Dikdik Isnandar, Ak, M.Si, Mochamad Hatta Sukarno, ST, MM, Muhammad Olik Abdul Holik, Ak, M.Si dan Sudirman, ST.

Dua dari empat nama itu sudah lama di PDAM Tirta Asasta Depok yakni Muhammad Olik Abdul Holik dan Sudirman. Olik sebelumnya menjadi dirut, sedangkan Sudirman manajer pembangunan. Sedangkan dua nama lagi yakni Dikdik Isnandar kabarnya pernah menjadi pengawas di Perusda PDAM di Jawa Barat. Tapi data tentang Mochamad Hatta Sukarno tidak diketahui karena sejak awal panitia seleksi tidak bersedia membeberkan figur atau profil 9 calon yang lolos seleksi.

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Depok, yang menjadi Ketua Panitia Keleksi, Wahid Suryono mengatakan ada 24 orang yang mendaftar ikut seleksi calon direksi. Tapi dari jumlah itu, hanya 9 orang yang lolos seleksi administrasi yakni Ade Dikdik Isnandar, Aep Saepuloh, Asep Wardana Wahyu, Mochamad Hatta Sukarno, Mohamad Syaiful Bahri, Muhammad Olik Abdul Holik, Osman Ritanto, R. Joko Sarjanoko, dan Sudirman. Dari sembilan nama itu kemudian mengerucut menjadi 4 orang.

Ketika ditanya terkait figur atau profil yang mendaftar, Wahid merahasiakan. “Belum bisa saya sampaikan (peserta calon pimpinan PDAM Tirta Asasta). Nanti kalau sudah selesai pasti akan kami umumkan,” tegas Wahid.

Sistem yang dilakukan panitia seleksi itu menjadi sorotan dari Wakil Ketua DPRD Kota Depok Yeti Wulandari. Yeti kemudian mengutip Pasal 1 angka 1 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2007 tentang Organ dan Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum (Permendagri 2/2007), PDAM adalah Badan Usaha Milik Daerah (“BUMD”) yang bergerak di bidang pelayanan air minum. Pengangkatan direksi ditetapkan dengan Keputusan Kepala Daerah setelah memenuhi persyaratan.

“Jadi aturannya sangat jelas harus ada transaparansi dan seleksi yang terbuka,” kata dia.

Walikota Depok Mohammad Idris telah melakukan wawancara dengan keempat calon direksi itu, didampingi Pjs Dirut PDAM Tirta Asasta Banu Muhammad Haidir dan Dewan Pengawas PDAM Tirta Asasta. Banu Muhammad Haidir, dosen di Universitas Indonesia (UI) yang menjadi Pjs dirut juga menjadi anggota Dewan Pengawas PDAM Tirta Asasta selama dua periode.

Idris berjanji akan segera mengumumkan 3 orang nama Direksi PDAM Tirta Asasta “Segera setelah selesai proses akhir dan persiapan pelantikan,” kata Idris, Selasa 16 Juni 2020.

Meski belum diumumkan secara resmi, tapi tiga nama direksi PDAM Tirta Asasta Kota Depok periode 2020- 2025 sudah beredar di masyarakat yakni Dr Ade Dikdik Isnandar, Ak, M.Si, Muhammad Olik Abdul Holik, Ak, M.Si dan Sudirman, ST.

Dari 3 nama itu, Muhammad Olik Abdul Holik dikabarkan tetap akan menjadi Direktur Utama, kemudian Ade Dikdik Isnandar menjadi Direktur Umum dan Sudirman ST menjadi Direktur Operasi. Karena dari 3 nama itu, hanya Olik yang pernah berpengalaman menjadi dirut.

Oleh banyak pihak, Olik selama ini dianggap tidak berhasil menjadi Dirut PDAM Tirta Asasta karena target-target yang dibuatnya sendiri tidak pernah tercapai.

Penilaian seperti itu juga diungkapkan Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Asasta, Hardiono yang juga Sekda Kota Depok. Secara tegas Hardiono menyebut panitia seleksi kurang jeli melihat rekam jejak Olik Abdul Holik. Padahal menurut dia, selama memimpin PDAM Tirta Asasta, Olik gagal menjalankan tugasnya.

”Saya heran, pada saat tahap seleksi Olik bisa lolos. Barusan saya sudah tegus panselnya,” kata Hardiono seperti dilansir suaradepok. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Relawan 8 Federasi Buruh Dukung Idris-Imam di Pilkada Depok

Depokrayanews.com- Relawan dari delapan federasi buruh mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Idris-Imam pada Pilkada Depok 9 ...