Oo, Ada Kampung Berkelir di Babakan Tangerang

Sebarkan :

 
Kini ada Kampung Berkelir di daerah Babakan, Kota Tengerang.

Kini ada Kampung Berkelir di daerah Babakan, Kota Tengerang.

Depokrayanmews.com- Pernah mendengar atau melihat kampung warna-warni di Malang?

Ya, benar. Sekarang tidak perlu lagi jauh-jauh ke Malang, karena ada satu kawasan di Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tengerang juga disulap menjadi Kampung Berkeli

Berbagai warna (kelir) dengan media lukisan tiga dimensi, mural, dan grafiti meramaikan program Kampung Bekelir yang berlangsung, Minggu (30/7/2017).

Puluhan seniman lukis bukan cuma dari Tangerang, tapi dari beberapa daerah lain, bahkan dari Filipina, menuangkan karyanya di tembok-tembok luar Rumah warga.

“Kita harap kampung berkelir ini semakin menarik wisatawan, yang bisa meningkatkan kesejahteraan warga,” kata Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat meresmikan program yang digagas warga setempat.

Menurutnya, ini bisa menjadi kesatuan dalam program Tangerang Seribu, dengan masing-masing ciri khas wilayahnya.

Walikota senang dengan tema Tangerang Berkelir. “Karena Berkelir itu bahasa khas Tangerang, yang artinya berwarna,” kata Walikota. Dalam situasi saat ini, kata dia, kreatifitas dengan ciri khas, sangat dibutuhkan.

Sementara itu warga sekitar bersama para seniman dari nusantara hingga dunia turut terlibat dalam proses pembuatan Kampung Bekelir itu.

Konsepnya yaitu dengan cara melukis dinding yang bertemakan kearifan lokal di Kota Tangerang.

“Para seniman bukan hanya sekadar melukis biasa saja, tapi juga memperkenalkan kearifan lokal yang merupakan bagian dari budaya masyarakat di Kota Tangerang. Sehingga kearifan lokal ini dapat diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui lukisan di tembok – tembok itu,” kata Communication Manager Project Kampung Bekelir, Andika Panduwinata.

Menurut dia, ada sekitar 300 rumah warga yang dilukis oleh para seniman street art tersebut.

“Mereka membuat lukisan tiga dimensi dengan menggambar beberapa kesenian atau ikon yang menjadi ciri khas Tangerang. Seperti Lenggang Cisadane, Gambang Kromong, Cokek, Laksa, Masjid Al Azhom dan masih banyak lagi yang lainnya,” kata dia. (pkn/red)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Afifah Alia Bertemu Istri Satpol PP Kota Depok yang Tersengat Listrik

Depokrayanews.com- Calon Wakil Walikota Depok, Afifah Alia mengunjungi keluarga Rizky, anggota Satpol PP yang tengah ...