Operasi Ketupat Berakhir, Pemeriksaan SIKM Tetap Dilaksanakan

Sebarkan :

 

Razia sepeda motor

Depokrayanews.com- Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, Operasi Ketupat 2020 berakhir pada Minggu 7 Juni 2020 kemarin. Kendati demikian, pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) terhadap pengendara yang hendak masuk ke Jakarta tetap dilaksanakan.

Operasi Ketupat 2020 dilaksanakan sejak 24 April hingga 30 Mei lalu sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan arus mudik masyarakat selama pandemi virus corona.

Pelaksanaan operasi itu sempat diperpanjang hingga 7 Juni untuk mengantisipasi arus balik menuju Jakarta. “Operasi Ketupat hari ini berakhir dan tidak diperpanjang,” kata Sambodo di Jakarta, Senin 8 Juni 2020.

Menurut Sambodo, pemeriksaan SIKM tetap dilakukan di seluruh pos pemeriksaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan sembilan titik pemeriksaan SIKM di wilayah Jakarta. Sementara itu, 11 titik pemeriksaan SIKM yang tersebar di luar wilayah Ibu Kota, yakni Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Bogor, tidak lagi beroperasi.

Namun, Sambodo tidak dapat memastikan, sampai kapan pemeriksaan SIKM itu akan dilakukan. “(Pemeriksaan SIKM) Dilaksanakan di check point PSBB, terutama di sembilan titik masuk Jakarta,” kata dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, warga yang dikecualikan dalam Peraturan Guberur (Pergub) 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar Masuk Jakarta dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, harus dilengkapi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Tanpa SIKM maka mereka tidak bisa berpergian.

“Mereka yang dikecualikan tidak otomatis bisa bepergian, tapi mereka harus mengurus surat izin secara virtual,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat 15 Mei 2020 lalu.

Surat tersebut dapat diurus secara daring melalui laman situs www.corona.jakarta.go.id. Di laman tersebut, masyarakat yang hendak membuat surat jalan tersebut, tinggal mengunduh form aplikasinya dan harus melengkapi dengan surat keterangan yang terkait dengan pekerjaannya, terkait dengan konfirmasi RT/RW serta bukti-bukti kegiatan yang akan dilakukan. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mundur dari KPK, Febri: Kondisi Politik dan Hukum Telah Berubah

Depokrayanews.com- Febri Diansyah telah mengajukan surat pengunduran diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelum mengajukan ...