Optimalkan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Kerjasama Pengawas Ketenagakerjaan

Sebarkan :

 

BPJS Kesehatan kerjasama dengan pengawas ketenagakerjaan

Depokrayanews.com- Sebagai penyelenggara Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan terus melakukan berbagai upaya untuk memastikan Program JKN-KIS berjalan dengan optimal. Berbagai langkah strategis pun kerap ditempuh, seperti menjalin kerjasama dengan pengawas ketenagakerjaan.

Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama Antara BPJS Kesehatan Cabang Depok dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor, beberapa hari lalu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam mengatakan kerjasama tersebut bertujuan untuk perluasan cakupan kepesertaan dan peningkatan kesadaran dan kepatuhan Pemberi Kerja Selain Penyelenggara Negara dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Menurutnya, BPJS Kesehatan Cabang Depok dan Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor akan saling membantu dan saling mendukung agar penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional dapat berjalan secara efektif, efisien, dan terkoordinasi.

“Ada beberapa poin yang menjadi fokus kerjasama tersebut yaitu pertama perluasan kepesertaan Program JKN-KIS. Kedua pembinaan kepada pemberi kerja dalam rangka penegakan Program JKN-KIS sesuai tugas pokok dan fungsi di bidang pengawasan ketenagakerjaan. Terakhir yaitu penyelesaian ketidakpatuhan pemberi kerja dalam Program JKN-KIS,” kata Elisa.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor, Asep Iming menambahkan bahwa pihaknya bersama dengan BPJS Kesehatan Cabang Depok juga akan melakukan sosialisasi kepada pemberi kerja, serikat pekerja dan organisasi pengusaha. Menurutnya hal itu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pemberi kerja, serikat pekerja dan organisasi pengusaha terkait urgensi pelaksanaan Program JKN-KIS.

“BPJS Kesehatan Cabang Depok juga akan berkoordinasi kepada kami terkait laporan ketidakpatuhan badan usaha di Kota Depok dalam Program JKN-KIS. Seperti di tahun 2020 ini, sudah ada 10 badan usaha yang tidak patuh dilaporkan kepada kami. Nanti pengawas kami akan turun melakukan pemeriksaan juga kepada badan usaha tersebut,” kata Asep.

Elisa berharap dengan terjalinnya kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Depok dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor, dapat meningkatkan kepatuhan pemberi kerja dalam Program JKN-KIS di Kota Depok. Serta berdampak positif terhadap penyelenggaraan Program JKN-KIS di Kota Depok secara keseluruhan. (DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tidak Pakai Masker di Bogor Kena Denda Rp 100 Ribu

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memberlakukan sanksi administratif berupa denda Rp 100.000 kepada warga di ...