Orang dari 6 Negara Eropa Ini Dilarang Masuk ke Indonesia

Sebarkan :

 

Menlu Retno Marsudi

Depokrayanews.com- Kementerian Luar Negeri RI kembali mengeluarkan larangan masuk ke Indonesia bagi 6 negara Eropa untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau COVID-19. Keenam negara itu adalah Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss dan Inggris.

Menlu Retno mengatakan kebijakan ini akan berlaku mulai hari Jumat tanggal 20 Maret pukul 00.00 WIB, bersifat sementara dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan.

“Pendatang atau travelers yang dalam waktu 14 hari terakhir berkunjung ke negara-negara di atas tidak diijinkan masuk atau transit ke Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers di Kemlu, Jakarta Pusat, Selasa 17 Maret 2020.

Kemudian, pendatang dari Iran dan Italia yang semula dilarang yang pernah mengunjungi beberapa kota tertentu, kini menjadi semua yang datang dari kedua negara tersebut dilarang sepenuhnya.

Sementara, bagi WNI yang berkunjung ke negara-negara tersebut akan dilakukan pemeriksaan tambahan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan saat tiba di tanah air.

“Apabila pemeriksaan tambahan menemukan gejala awal Covid-19 maka akan dilakukan observasi pada fasilitas pemerintah selama 14 hari. Dan Apabila tidak ditemukan gejala awal maka sangat dianjurkan yang bersangkutan melakukan karantina mandiri selama 14 hari,” kata dia.

Kemudian kebijakan terhadap larangan bagi China masuk ke Indonesia masih berlaku sesuai dengan pernyataan Menlu tanggal 2 Februari.

Kebijakan terhadap Korea Selatan untuk Kota Daegu dan Propinsi Gyeongsangbuk-do juga masih sesuai dengan pernyataan Menlu tanggal 5 Maret 2020. (mad).


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menjual Alat Pelindung Diri Covid-19, Produksi Lokal

ALAT PELINDUNG DIRI: Jangan ambil resiko dengan menggunakan jas hujan saat menangani pasien visur corona. ...