by

Orang yang Pernah Kontak Langsung dengan Pasien Corona Diminta Lapor ke Kemenkes

Virus Corona

DepokRayanews.com- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklaim telah menemukan beberapa orang yang pernah menjalin kontak dengan dua warga Depok, yang dinyatakan positif Corona.

Juru Bicara untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengatakan pihaknya sudah meminta beberapa orang itu untuk diperiksa. Beberapa dari mereka sudah datang ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

“Terkait kontak tracking dari dua kasus yang sedang kami rawat, sekarang sudah berjalan terus dan kami sudah mulai banyak menemukan siapa-siapa yang kemudian ikut dalam kegiatan,” kata Yurianto di RSPI Prof. dr. Sulianto Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Rabu 4 Maret 2020.

“Beberapa orang kami minta untuk didatangkan ke sini untuk kita lakukan pemeriksaan. Beberapa sudah ada yang datang ke sini untuk melakukan pemeriksaan,” kata Yurianto.

Hanya saja, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes itu tak mau menjelaskan jumlah orang yang telah menjalani pemeriksaan. Selain itu, dia juga tidak merinci bentuk kontak apa yang dimaksud dengan dua pasien yang kekinian sudah dinyatakan positif Virus Corona itu.

Sejauh ini, ada 9 pasien yang berada di ruang isolasi RSPI Prof. dr. Sulianti Saroso. Rinciannya, dua pasien positif terjangkit virus corona dan 7 pasien dalam pengawasan.

Berikut urutan masuknya pasien ke RSPI Prof. dr Sulianti Saroso :

Minggu (1/3/2020) : Dua pasien asal Depok, Jawa Barat dengan rincian ibu berusia 64 tahun dan puterinya berusia 31 tahun masuk dan dinyatakan positif.

Senin (2/3/2020) sore: Dua orang yang merupakan Tukang Kebun dan Pembantu Rumah Tangga masuk dan malamnya langsung dipulangkan karena dinyatakan negatif.

Senin (2/3/2020) malam: Masuk empat pasien baru rujukan dari rumah sakit swasta. Keempat pasien mengeluh batuk, demam, hingga sakit tenggorokan sehingga harus diisolasi.

Selasa (3/3/2020) pagi: Masuk dua pasien rujukan dari salah satu rumah sakit di Jakarta. Namun, tidak merinci nama rumah sakit yang dimaksud.

Selasa (3/3/2020) siang: Pasien ke-9 masuk ke ruang isolasi RSPI Prof. dr Sulianti Saroso.
(mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *