Oscars 2020: Bong Joon Ho Jadi Sutradara Terbaik Ungguli Sam Mendes

Sebarkan :

 

Bang Joon Ho, penerima penghargaan naskaf film asli terbaik.

DepokRayanes.com- Bong Joon Ho meraih penghargaan Best Director atau Sutradara Terbaik Oscars 2020 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu 9 Februari 2020 malam waktu setempat atau Senin 10 Februari 2020 pukul 08.00 WIB.

Bong menjadi sutradara film kedua yang memenangkan hadiah penyutradaraan untuk film berbahasa asing di ajang penghargaan Oscars 2020. Bong menyusul Alfonso Cuarón yang menang lewat film Roma pada 2018.

Bong mengalahkan sutradara kawakan seperti Quentin Tarantino (Once Upon a Time in Hollywood), Todd Phillips (Joker), dan Sam Mendes (1917). Bong memberikan penghormatan kepada Martin Scorsese dalam pidato kemenangannya.

Ia mengatakan, ketika dia masih muda Scorsese begitu “membekas di dalam hatiku”, yaitu sebuah kutipan dari Scorsese: “Yang paling pribadi adalah yang paling kreatif.” Dia juga berterima kasih kepada Tarantino karena memperjuangkan pekerjaannya: “Quentin, aku mencintaimu.” Parasite, yang memenangkan Palme d’Or di festival film Cannes pada bulan Mei, adalah film thriller satir tentang keluarga yang berhasil menyusup ke kehidupan orang lebih kaya.

Film ini mengikuti dua film berbahasa Inggris yang sukses yang disutradarai Bong: film thriller sci-fi di kereta, Snowpiercer dan fabel soal ramah lingkungan Okja. Sejak Cannes, Parasite telah memenangkan serangkaian penghargaan, termasuk film berbahasa asing terbaik di Bafta dan Golden Globes, dan memenangkan sejumlah penghargaan kritikus untuk film tersebut, demikian diwartakan The Guardian.

Film dengan genre komedi tragis ini mengisahkan tentang Gi Taek (Song Kang Ho) dan keluarganya yang semuanya adalah pengangguran. Ia tinggal bersama istrinya, Choong Sook (Jang Hye Jin), anak laki-lakinya Ki Woo (Choi Woo Shik) dan anak perempuan Ki Jung (Park So Dam) di sebuah apartemen semi basement yang lembab dan dipenuhi serangga di daerah berpenghasilan rendah yang ada di Seoul, demikian seperti dilansir Asianwiki.

Suatu hari, Ki Woo membawa temannya, Min Hyuk (Park Seo Joon) dan minum-minum bersama. Ki Woo juga mengetahui bahwa Min Hyuk akan belajar ke luar negeri dan ia akan meninggalkan pekerjaannya sebagai tutor pribadi yang memiliki gaji yang tinggi. Min Hyuk ingin Ki Woo mengambil alih pekerjaannya sebagai tutor sementara ia berada di luar negeri untuk belajar. Akhirnya, Ki Woo mulai bekerja sebagai tutor untuk anak perempuan dari keluarga kaya, yaitu anak dari tuan Park (Lee Sun Gyun) dan istrinya Yeon Gyo (Cho Yeo Jeong).

Akhirnya, kedua keluarga ini memulai interaksi mereka dengan cara yang tidak terduga. Film ini disutradarai sekaligus ditulis oleh Bong Joon Ho. Parasite menjadi film kedua Bong Joon Ho yang masuk nominasi dalam ajang penghargaan Festival Film Cannes setelah Okja (2017), dan Parasite menjadi film pertama Bong Joon Ho yang memenangkannya. (tirto)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Transportasi Berbasis Rel di Depok Ternyata Bukan Gagasan Walikota

DepokRayanews.com- Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengungkapkan, rencana pembangunan transportasi berbasis rel di Kota Depok ...