by

Otorita IKN Nusantara Sementara Berkantor di Balikpapan dan Jakarta

DEPOKRAYANEWS.COM- Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menempati kantor sementara di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan Jakarta selama masa pembangunan ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur

Pemerintah akan membentuk Sekretariat IKN. Kantor itu akan ditempati perwakilan kementerian/lembaga yang mengurus pembangunan ibu kota negara baru.

“Ada Sekretariat IKN, lintas kementerian yang sedang disiapkan Bappenas. Di Balikpapan dan juga ada di Jakarta karena masih transisi,” kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu 9 Maret 2022.

Wandy memperkirakan Otorita akan menempati kantor sementara selama satu hingga dua tahun pendirian IKN. ”Mereka akan punya markas resmi setelah pemindahan ibu kota negara dilakukan,” kata dia.

Dikatakan, Otorita IKN Nusantara tidak akan beroperasi penuh pada awal pembentukan. Hal itu disebabkan perekrutan pegawai dilakukan secara bertahap.

“Sama dengan KSP, sewaktu Perpres-nya pertama kali keluar tahun 2015, bisa bekerja, tapi tidak seluruh unit karena ada proses rekrutmen tenaga ahli dan konsolidasi organisasi,” kata dia.

“Pada fase awal pembangunan IKN, kementerian yang relevan dengan pembangunan infrastruktur, yakni Kementerian PUPR, akan membantu pembangunan fisik IKN di bawah koordinasi Kepala Otorita IKN,” ujarnya.

Wandy juga menyampaikan Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Otorita IKN Nusantara pekan ini.

Otorita IKN Nusantara adalah lembaga yang ditunjuk menyelenggarakan pemerintahan di ibu kota negara baru. Lembaga ini dibentuk bersamaan dengan pengesahan rencana pemindahan ibu kota negara. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *