by

Pabrik Vaksin Covid-19 Terbesar di Dunia Terbakar

Depokrayanews.com – Kebakaran terjadi di pabrik pembuat vaksin Covid-19 terbesar di dunia yang berlokasi di Pune, India, Kamis 21 Januari 2021 waktu setempat.

Asap tebal terlihat mengepul dari Institut Serum India (SII) yang berlokasi di Pune, India. SII merupakan tempat produksi vaksin Covidshield, yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford.

Namun seperti dilaporkan oleh Metro, kebakaran tersebut tak akan berefek pada produksi vaksin. Media lokal mengungkapkan kobaran api terjadi di area konstrukis bangunan tersebut, pada bangunan yang tersebar sejauh 100 hektar tersebut. Saat ini penyebab dari kebakaran tersebut masih belum ditentukan.

CEO SII, Adar Poonawalla mengungkapkan bahwa tak ada korban jiwa atau cedera parah karena kebakaran itu.
“Terima kasih atas doa dan kepedulian Anda semua. Sejauh ini yang terpenting tak ada korban jiwa atau cedera parah karena kebakaran tersebut, kecuali beberapa lantai yang hancur,” cuitannya di Twitter.

SII merupakan pabrik yang mengembangkan vaksin tersebut untuk India dan bagi negara dengan pendapatan menengah serta rendah.

Pabrik tersebut juga bersiap memproduksi vaksin yang dikembangkan oleh Perusahaan Amerika Serikat (AS), Novavax.

India sebelumnya telah mengekspor vaksin Covishield ke Bhutan dan Maladewa, Rabu 20 Januari 2021. Mereka juga mengirimkan dua juta dosis ke Bagladesh dan 1 juta dosis ke Nepal.

India berencana menawarkan 20 juta dosis untuk negara tetangga di Asia Selatan, yang akan diikuti ke Amerika Latin, Afrika serta Asia Tengah.

Sumber:kompastv

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed