by

Pancasila Harus Ditanamkan Secara Doktrin Sejak Dini

Gatot Nurmantyo
Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Depokrayanews.com- Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, Pancasila adalah ideologi yang harus ditanamkan dengan cara doktrin yang disesuaikan  dengan strata pendidikan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD),

Dan yang paling penting adalah bagaimana mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.

Hal itu dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di hadapan awak media usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir. Joko Widodo, di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Penjambon, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).

“Sila-sila Pancasila itu harus diajarkan dan dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia sejak usia dini, seperti cara bertoleransi dalam beragama, berinteraksi dengan manusia, menunjukkan cara berbangsa, cara berdemokrasi dan cara mencapai keadilan bagi semua warga negara,” kata Panglima.

Sejak lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 1945, baru kali ini diadakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional di seluruh Indonesia.  

“Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila ini, merupakan benar-benar fundamental bagi ideologi negara Pancasila dan bangsa Indonesia,” kata Gatot Nurmantyo.

Disebutkan, sejarah lahir Pancasila harus selalu dikampanyekan kepada generasi penerus bangsa. “Bagaimana dengan perasaan kita apabila generasi selanjutnya tidak tahu kapan lahirnya Pancasila,” kata dia.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang Undang-Undang Teroris, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, tidak mau berandai-andai karena undang-undangnya belum jelas.

“Kalau kita dan anak cucu kita ingin aman, maka kita harus benar-benar mengakui kalau teroris adalah kejahatan terhadap negara. Alangkah bodohnya bangsa ini kalau masih menganggap teroris sebagai kejahatan tindak pidana, pada hal di negara-negara lain teroris itu sudah dianggap kejahatan terhadap negara,” tegasnya. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *