by

Partai Buruh Lahir Kembali, Ini Daftar Pengurusnya

Depokrayanews.com- Partai Buruh resmi lahir kembali setelah menunjuk Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal sebagai presiden partai. Setelah Kongres keempat kemarin, mereka akan segera menggelar konsolidasi untuk menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Harapan kita ini menjadi tonggak sejarah dalam rangka menuju Pemilu 2024, di mana pemilu 2024 ini adalah merupakan pemilu yang boleh saya katakan pemilu percobaan,” ujar Ketua Badan Pendiri (Majelis Rakyat), Sonny Pudjisasono, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Selasa 5 Oktober 2021.

Kongres keempat Partai Buruh, kata Sonny, juga dalam rangka mengadministrasikan semua kepengurusan dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota. Demi proses verifikasi sebagai salah satu partai peserta Pemilu 2024.

“Apa yang terjadi pada peristiwa di Kongres Partai Buruh yang keempat ini bisa betul-betul menjadi cermin dan contoh kita untuk ke depan. Agar kita tidak mengulang kembali peristiwa Partai Buruh yang dideklarasikan pada tahun 2002,” ujar Sonny.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan, bahwa pihaknya akan menyuarakan aspirasi seluruh elemen buruh di Indonesia yang dinilainya makin sulit mendapatkan haknya. Terutama pasca disahkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Omnibus law lah, UU Cipta Kerja yang men-trigger Partai Buruh dihidupkan kembali. Indonesia melebihi Amerika yang super kapitalis. Karyawan kontrak diulang-ulang, upah UMSK dihilangkan, UMK bisa iya, bisa tidak, nilai kenaikannya kecil, inflasi atau pertumbuhan ekonomi,” ujar Said.

Partai Buruh, kata Said, sudah 100 persen menyusun kepengurusan di 34 provinsi, 80 persen di kabupaten/kota, dan 40 persen di kecamatan. Keanggotaannya diklaim sudah mencapai 1.000 orang di setiap kabupaten/kota.

“Basis anggota kami, termasuk keluarga, termasuk pemilih, lebih dari 10 juta orang. Beda dengan Partai Buruh yang lama, beda dengan parpol baru tidak berdasarkan basis partai yang jelas, kami hadir berdasarkan basis konstituen yang jelas,” ujar Said, mengeklaim.

Partai Buruh, kata Said, memiliki slogan ‘Negara Sejahtera’ atau ‘Welfare State’. Sebuah partai yang beridentitaskan kelas yang disebut sebagai ‘We are The Working Class atau ‘Kami adalah Kelas Pekerja’.

“Organisasi pendiri Partai Buruh ini adalah 11 gerakan organisasi rakyat. Baik yang bergabung gerakan tani, gerakan nelayan, gerakan buruh, gerakan guru, gerakan perempuan Indonesia, dan juga elemen-elemen gerakan sosial lainnya,” ujar Said.

Berikut ini daftar susunan pengurus Partai buruh periode 2021-2026:

Presiden: Said Iqbal

Wakil Presiden: Agus Supriyadi

Sekretarsis Jenderal: Ferry Nurzarli

Bendahara Umum: Luthano Budyanto

Ketua Majelis Nasional: Agus Ruli Ardiansyah

Ketua Mahkamah: Riden Hatam Aziz

Ketua Badan Pendiri: Sony Pudjisasono
(rol/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed