by

Partai Garuda Pastikan Tidak Ikut Pemilihan Umum Legislatif 2024

DEPOKRAYANEWS.COM- Hanya 17 partai politik atau parpol yang menyerahkan daftar bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU Kota Depok, sampai batas waktu pendaftaran 14 Mei 2023. Ada satu parpol yang tidak menyerahkan yakni Partai Garuda.

Ketua Divisi (Kadiv) Teknis Penyelenggaraan Pemilu pada KPU Kota Depok, Fikri Tamau mengatakan Partai Garuda sudah melakukan konfirmasi ke KPU Kota Depok untuk tidak mendaftarkan diri dalam pemilihan umum legislatif atau pileg 2024.

“Partai Garuda sudah melakukan konfirmasi, dan tidak mengajukan pendaftaran bacaleg,” kata Fikri kepada wartawan, Minggu 14 Mei 2023 sore.

KPU membuka pendaftaran bacaleg selama 14 hari terhitung 1 hingga 14 Mei 2023. Sampai hari terakhir pendaftaran, Minggu 14 Mei 2023 pukul 18.00 WIB, hanya 17 parpol yang menyerahkan daftar bacalegnya.

Pada hari terakhir, ada enam parpol yang menyerahkan daftar bacaleg yakni Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Ummat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gelora dan Partai Buruh.

Setelah tahapan pendaftaran bacaleg, KPU akan melakukan Verifikasi Administrasi (Vermin) terhadap nama-nama bacaleg yang diajukan parpol hingga Juni 2023 mendatang.

Selama kurun waktu itu, parpol yang sudah mengajukan bacaleg diminta untuk memperbaiki data yang dinilai belum memenuhi persyaratan. Hal itu tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023.

“Karena ada verifikasi yang harus kita lakukan juga ada perbaikan dari Daftar Calon Sementara (DCS) mereka, yang DCS itu bisa jadi akan ada perubahan dapil sesuai dengan PKPU,” kata Fikri.

Setelah DCS rampung, ungkap Fikri, KPU Kota Depok akan melakukan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada Bulan Oktober 2023.

Fikri menyebut pendaftaran bacaleg di Kota Depok itu berjalan kondusif. Apalagi, sebagian besar parpol melakukan seremonial yang berbeda-beda. Tidak jarang, aksi tersebut mengundang perhatian masyarakat di sekitaran Kantor KPU Kota Depok. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *