by

Pasien Cacar Monyet Ternyata Sempat Kontak Erat dengan 2 Warga Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Pasien cacar monyet pertama di Indonesia, yakni seorang laki-laki berusia 27 tahun berasal dari DKI Jakarta ternyata sempat kontak erat dengan dua warga Kota Depok.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati. “Ada dua orang warga Kota Depok yang kontak erat dengan pasien terpapar,” kata Mary di Depok, Rabu 24 Agustus 2022.

Tapi sejauh ini, Dinas Kesehatan Kota Depok belum mendapatkan informasi lengkap dari Kementerian Kesehatan terkait 2 warga Depok itu. Karena itu, Mary meminta pemeriksaan dan pemantauan dilakukan oleh DKI Jakarta

Menurut Mary, masyarakat Kota Depok dapat melakukan pencegahan cacar monyet dengan penerapan protokol kesehatan. Tidak hanya itu, masyarakat diminta untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Kami terus sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang monkeypox,” jelas Mary.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan saat ini kegiatan surveilans dan juga pelacakan atau tracing tengah dilakukan oleh petugas.

Pelacakan dilakukan kepada siapa saja yang kontak dengan pasien. Ia juga menyebutkan tak ada rasio pasti berapa orang yang harus dites atau melewati tracing. Tak ada jumlah pasti seperti rasio tracing dan testing pada Covid-19. ’’Kalau Covid-19 itu rasionya 1:15. Jadi jika ada 1 pasien, maka 15 kontak erat dites. Nah monkeypox tidak ada rasio tertentu,” kata Widyastuti. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *