by

Pasien Positif Corona Tembus 1.046 Orang

Achmad Yurianto

Depokrayanews.com- Angka kasus positif virus corona Covid-19 yang terjadi di Indonesia terus melonjak tajam. Hingga Jumat 27 Maret 2020, total ada 1.046 orang yang dinyatakan positif virus corona, naik 153 kasus dibanding data Kamis lalu yang baru 893 kasus.

Kasus kematian akibat virus corona Covid-19 juga bertambah 9 orang sehingga total menjadi 87 orang. Jumlah pasien sembuh juga bertambah sebanyak 11 pasien sehingga total menjadi 46 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meminta masyarakat untuk tetap disiplin pada protokol kesehatan. Misalnya, jaga jarak sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona di Tanah Air.

“Anjuran pemerintah untuk menjaga jarak pada kontak sosial di tengah masyarakat harus dipatuhi. Karena pada jarak dekat, kurang 1,5 meter ini memberikan peluang besar utk terjadinya penularan dari orang positif sakit,” kata Yurianto dalam keterangan resmi yang disiarkan akun Youtube BNPB, Jumat 27 Maret 2020 sore.

Masyarakat diimbau untuk menerapkan disiplin cuci tangan dengan sabun. Yurianto mengklaim, virus corona mudah hancur ketika terkena sabun.

“Secara ilmiah sudah dibuktikan bahwa virus ini rentan dan mudah hancur tatkala terkena sabun dan deterjen. Tidak ada alasan ketika tidak punya hand sanitizer maka tidak mencuci tangan,” kata dia.

Menurut Yurianto , pemerintah masih berupaya agar penularan virus corona bisa diputus. Pemerintah akan melakukan pemeriksan secara cepat atau rapid test kepada kontak dari pasien positif.

“Ini kami lakukan bersama masyarakat agar bisa menemukan dan melaksanakan isolasi dalam kasus ini. Baik isolasi di rumah maupun isolasi di rumah sakit,” kata Yurianto.

Sementara itu, kasus kematian akibat virus corona Covid-19 juga kembali bertambah. Hingga kekinian, ada penambahan sebanyak kasus 9 sehingga total ada 87 pasien yang meninggal dunia.

Selain itu, ada penambahan sebanyak 11 pasien sehingga total ada 46 pasien yang sembuh. Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dan negatif dari Covid-19 boleh dipulangkan. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed