by

PBNU Minta Kedepankan Sikap Saling Menghargai

Helmy Faishal Zaini, Sekjen PB NU.

DepokRayanews.com- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faishal Zaini meminta seluruh masyarakat untuk mengedepankan sikap saling menghargai. Hal ini disampaikan Helmy dalam dalam momentum Hari Natal 2019 yang diperingati umat Kristiani.

Helmy mengatakan, bangsa Indonesia terdiri dari ratusan suku, sekian agama, dan memiliki banyak budaya. Namun, selama ini bangsa Indonesia bisa tetap bersatu dalam bingkai NKRI, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar 1945. Menurut dia, persatuan itu tetap terjaga karena mengedepankan sikap saling menghargai.

“Mari kedepankan sikap saling menghargai satu dengan yang lain serta menyatukan sikap untuk mewujudkan Indonesia yang aman, damai, makmur dan berkeadilan,” ujar Helmy dalam siaran pers yang diterima, Rabu (25/12/2019).

Momen Hari Natal, kata dia, seharusnya juga dijadikan sarana oleh masyarakat untuk merefleksikan diri dan bercermin sebagai sebuah bangsa dalam mengimplementasikan rasa cinta kasih kepada sesama anak bangsa.

Helmy menjelaskan, meski dengan perbedaan suku, ras, agama dan golongan, masyarakat Indonesia sejak lama bisa hidup rukun, tentram, guyub dan gotong royong. Bahkan, kata dia, hal itu sudah berlangsung sebelum NKRI berdiri.

Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang telah dibangun oleh para pendiri bangsa sejak lama. “Mari terus menjaga persatuan dan kesatuan sebagai entitas bangsa yang besar dan berkeadaban, membangun persaudaraan kemanusiaan (ukhuwwah insaniyyah),” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *