by

PDIP Resmi Usung Andika Perkasa di Pilkada Jawa Tangah, Saingi Ahmad Luthfi dari Gerindra

DEPOKRAYANEWS.COMKetua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengeluarkan rekomendasi untuk mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Nama Andika diumumkan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada gelombang kedua pengumuman daftar calon kepala daerah yang diusung PDIP di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8).

“Dari Provinsi Jawa Tengah, Jenderal TNI Purn Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat mengumumkan calon kepala daerah yang diusung PDIP gelombang kedua di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin 26 Agustus 2024.

Bahwa Andika bakal diusung PDIP di Jateng sebelumnya sempat disampaikan sejumlah elite PDIP, termasuk Hasto hingga Ganjar Pranowo.

Menurut Ganjar peluang Andika untuk diusung maju terutama karena Andika merupakan kader PDIP. Alasan lain, dia memiliki latar belakang militer sehingga berpotensi disiapkan untuk melawan Ahmad Luthfi yang berlatar polisi dan didukung oleh KIM.

“Bahwa ada background itu mungkin bisa menjadi pertimbangan tapi yang utama bukan itu, karena Pak Andika sekarang masuk PDIP, dia anggota,” kata Ganjar.

Ganjar memperkirakan kontestasi elektoral di Jawa Tengah akan semakin menarik setelah PDIP mengusung Andika Perkasa.

Andika merupakan mantan Panglima TNI yang pada Pilpres 2024 lalu resmi bergabung dengan PDIP. Ia merupakan menantu dari eks Kepala BIN AM Hendropriyono.

Andika akan bertarung melawan Ahmad Luthfi yang sudah diusung oleh Partai Gerindra berpasangan dengan politikus PPP Taj Yasin Maimoen di Pilgub Jateng. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *