Pedagang Nakal akan Dilaporkan ke Pihak Berwajib

Sebarkan :

 
Pedagang nakal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.

Pedagang nakal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.

Depokrayanews.com- Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok akan melakukan operasi mendadak (sidak) ke beberapa pasar swalayan dan tradisional di Kota Depok.

Sidak itu dilakukan untuk melihat ketersediaan Pangan Asal Hewan (PAH) agar sesuai standar kesehatan dari Food and Agriculture Organization (FAO).

“Kita akan monitoring untuk memastikan daging yang beredar memenuhi kriteria Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH). Kami membentuk tim sebanyak 21 orang. Nantinya mereka akan menyebar ke seluruh pasar dan swalayan yang ada di Kota Depok,” kata Kepala DKPPP, Farah Mulyati seperti dilansir depok.go.id, Rabu (7/6/2017).

Menurut Farah, tim sidak akan membeli sejumlah daging untuk diuji di laboratorium. Adapun pemeriksaan meliputi kandungan daging gelonggongan, formalin, dan uji spesies keaslian daging sapi atau ayam yang dipotong.

“Nanti kita uji spesies, apakah daging tersebut benar-benar daging sapi dan ayam atau dicampur daging babi,” kata Farah.

Sebab di tengah melonjaknya permintaan daging, biasanya ada saja pihak yang mengambil kesempatan untuk melakukan kecurangan.

“Kita juga akan melakukan pemeriksaan uji telur apakah ada kandungan salmonelanya atau tidak, karena salmonela bisa mendatangkan penyakit,” kata Farah,

Jika ditemukan ada pedagang yang nakal, DKPPP kata Farah, berhak untuk melaporkan pedagang tersebut kepada pihak berwajib.

DKPPP juga akan mengistruksikan kepada pedagang untuk tidak menjual daging yang tidak aman, sehat, utuh dan halal (ASUH). (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jam Operasional Tempat Usaha di Depok Mulai Dilonggarkan

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akhirnya melonggarkan jam operasional tempat usaha setelah banyak menuai protes ...