by

Pedagang Pasar Kemiri Muka Ancam Buang Sampah ke Kantor DLHK Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Sampah dibiarkan menggunung lagi di Pasar Kemiri Muka, Kota Depok. Para pedagang mengancam akan memindahkan tumpukan sampah itu ke kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok yang terletak di Jalan Raya Bogor.

“Jika sampah ini tidak diangkut, dalam waktu 3 hari ke depan, maka kami akan demo ke kantor DLHK. Kemudian, sampahnya akan kami tumpahkan di depan kantor DLHK,” kata Ketua Kerukunan Pedagang Pasar Kemiri Muka Depok (KPPKMD) Karno Sumardo seperti dilansir Kompas, Senin 29 Mei 2023.

Menurut Karno pihaknya mengultimatum DLHK agar segera mengangkut sampah yang menggunung di tempat pembuangan sementara (TPS) yang ada di kawasan Pasar Kemiri Muka itu. Bila sampai batas waktu ultimatum tidak diindahkan pihak DLHK, maka para pedagang akan menduduki kantor DLHK , sambil membuang sampah di sana.

Para pedagang juga akan berunjuk rasa ke kantor Wali Kota Depok Mohammad Idris karena tidak bisa mengatur bawahannya. “Karena ini tanggung jawab DLHK, tapi tembusannya tetap ke Wali Kota. Wali Kota juga akan kami demo, karena kami anggap tidak bisa mengatur kepala dinasnya dengan baik,” kata Karno.

Para pedagang mendesak DLHK Kota Depok segera membereskan permasalahan sampah yang menggunung itu. Para pedagang hanya memberikan waktu tiga hari kepada DLHK Kota Depok, terhitung sejak Senin ini.

“Kami beri waktu tiga hari. Jika tidak ada tindakan, maka akan kami lakukan demo fisik, sampah akan kami bawa dan akan ditumpahkan di depan kantor DLHK,” ujar Karno.

para pedagang memasang sejumlah banner berisi protes yang ditujukan ke DLHK Kota Depok pada Senin 29 Mei 2023. Mereka meminta petugas lebih sering mengangkut sampah-sampah itu. Dua banner bertuliskan “Kembalikan fungsi TPS Pasar Kemiri Muka Depok seperti semula!” dan “Pasar Kemiri Muka Depok bukan tempat pembuangan akhir (TPA)”.

Pedagang menilai, pengangkutan sampah yang dilakukan petugas DLHK Kota Depok tak sebanding dengan sampah yang masuk ke TPS tersebut. Sampah yang masuk ke TPS Pasar Kemiri Muka bisa mencapai tiga truk per harinya. Namun, petugas DLHK hanya mengangkut sampah tersebut tiga kali dalam seminggu menggunakan satu truk. (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *