by

Pelabuhan Merak Mulai Padat, Pemudik Melakukan Perjalanan Lebih Awal

DEPOKRAYANEWS.COM- Data pengelola Pelabuhan Merak, Banten mencatat terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak sejak 2 hari terakhir. Data per Sabtu 23 April 2022 pukul 08.00-20.00 WIB, jumlah pejalan kaki yang menyeberang tercatat 1.144 orang dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 20. 716 orang.

Jika melihat data tersebut, penumpang kendaraan pribadi maupun bus mulai melakukan perjalanan mudik lebih awal. Hasil catatan pengelola pelabuhan, sepeda motor yang menyeberang ke Sumatera tercatat 373 unit, mobil pribadi 2.380 unit, bus 180 unit, dan truk 2.131 unit

Pada H-9 Lebaran 2022, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tampak mulai melakukan perjalanan ke kampung halaman di Sumatera. Pemudik terlihat mudik lebih awal untuk dapat bertemu sanak saudara di kampung halamannya masing-masing.

Pantauan pada Minggu 24 April 2022 pukul 00.25 WIB, beberapa kantong parkir dermaga baik dermaga 3, 4, dan 5 mulai dipadati kendaraan. Truk logistik mendominasi antrean kendaraan yang hendak masuk ke kapal.

Tak hanya di dermaga, antrean juga tampak di gebang tiket masuk ke pelabuhan. 9 dari 10 gerbang tiket dipenuhi kendaraan besar seperti truk 3 sumbu ke atas, sementara loket tiket ke 10 tampat dikhususkan untuk kendaraan pribadi yang hendak masuk ke dermaga reguler.

Kendaraan yang hendak menuju Jakarta via gerbang tol Merak dialihkan melalui Cikuasa Bawah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan di jalur Cikuasa Atas. Jika terjadi kepadatan, polisi memberlakukan sistem buka tutup di jalur Cikuasa Atas seperti yang sudah diterapkan 2 hari belakangan. (ris/dtk)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *