by

Pelaku Pembunuhan Karyawan MRT Ditangkap, Rupanya Mereka Terlilit Utang Rp3 Miliar

Depokrayanews.com- Polisi berhasil menangkap tiga orang pelaku pembunuhan terhadap, DD (38), seorang karyawan mass rapid transit (MRT) yang mayatnya mengambang di Kanal Banjir Timur (KBT) Cakung, Jakarta Timur (Jaktim). Mereka ditangkap di dalam sebuah kamar hotel di wilayah Cilegon, Banten yakni R (29), IS (31), dan JS (48).

“Iya (ditangkap) di hotel daerah Cilegon,” kata Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Titus Yudho Ully kepada wartawan, Minggu 12 November 2023.

Menurut AKBP Titus, mereka akan melarikan diri ke tempat tinggal istri pelaku R di wilayah Sumatera Selatan. Namun aksi tersebut digagalkan polisi setelah mereka ditangap di Cilegon.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap pelaku, diketahui bahwa motif pembunuhan itu adalah karena salah satu pelaku terlilit utang Rp3 miliar.

Diberitakan sebelumnya, komplotan ini membunuh korban lantaran ingin mendapatkan uang. Diketahui, salah satu pelaku yakni R, punya utang Rp 3 miliar. “Motif para pelaku adalah ekonomi, yang mana Saudara R memiliki utang Rp 3 miliar,” kata Titus.

Awal kasus itu bermula ketika DD hendak menjual mobil Fortunernya. Para pelaku pura-pura ingin menjadi pembeli.

Pelaku kemudian menjalankan taktik tipu-tipu, mencetak bukti transaksi palsu untuk ditunjukkan ke DD bahwa pembayaran mobil Fortuner itu telah selesai dilakukan.

“Kemudian pelaku bertemu dengan korban dan menunjukkan bukti transfer palsu yang telah diedit. Setelah itu, korban tidak percaya terhadap bukti transfer palsu tersebut,” kata Titus.

Selanjutnya, korban ingin pulang. Para pelaku menawarkan diri untuk mengantar. Pada momen itulah pembunuhan terjadi.

“Pada saat di perjalanan di dalam mobil, para tersangka melakukan aksinya dengan menyayat leher korban dan menusuk beberapa kali ke dada korban. Kemudian, korban dibuang di saluran air BKT Cakung,” kata Titus.

Pada Jumat 10 November 2923, polisi mendapatkan informasi dari masyarakat terkait adanya penemuan mayat seorang laki-laki. Korban ditemukan dalam posisi telungkup mengambang di dekat Pintu Air Sungai Kanal Banjir Timur.

“Kemudian Resmob Polda Metro Jaya melakukan pengecekan TKP dan didapatkan seorang laki-laki berinisial DD dengan kondisi luka sayat di leher,” kata dia.

Usai dilakukan pendalaman, kata dia, polisi akhirnya berhasil mengidentifikasi pelaku. Lantas, kurang dari 24 jam Tim Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengamankan 3 tersangka di salah satu hotel di Cilegon. (ris/mad).

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *