by

Pelatih Timnas Malaysia Akui Tidak Mudah Melawan Indonesia di Laga Tandang

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe.

DepokRayanews.com- Pelatih tim nasional Malaysia Tan Cheng Hoe mengakui tidak mudah melawan Indonesia pada laga tandang yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (5/9/2019).

Malaysia kesulitan menang jika menjadi tamu. Terakhir kali Malaysia meraih kemenangan pada semifinal leg pertama Piala AFF 2004 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Saat itu, Malaysia menang tipis dengan skor 2-1. Setelahnya, Indonesia selalu lebih mendominasi di kandang dalam turnamen resmi atau laga persahabatan. Dari lima kali bertandang ke Indonesia, Malaysia menelan empat kekalahan dan hanya mencatatkan sekali imbang.

Namun, Tan tidak mau melihat catatan tersebut sebagai rujukan saat kedua tim berhadapan pada pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di SUGBK, Kamis (5/9/2019). Menurutnya, yang telah berlalu tak pernah bisa diubah, namun yang akan datang bisa diperjuangkan.

“Sekarang pemain berbeda, pelatih beda. Kami harus melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil positif pada awal kualifikasi Piala Dunia,” ujarnya dalam konferensi pers jelang laga, Rabu (4/9/2019).

Tan memastikan skuat Harimau Malaya akan memberikan perlawanan ketat pada Indonesia. Selain itu, dia percaya dukungan dari puluhan ribu suporter Indonesia nanti tidak akan meruntuhkan mental pemain.

“Kami sudah biasa dalam menangani itu. Tapi bagi saya setiap pemain tidak boleh terusik dengan gangguan pendukung. Menurut saya sepak bola yang utama,” kata Tan.

Di samping itu, Tan menyadari barisan pemain timnas Indonesia di bawah racikan Simon McMenemy memiliki kualitas yang baik. Terlebih, kata dia, ada beberapa pemain yang memiliki pengalaman bermain di Malaysia.

Pelatih berusia 51 tahun itu mengatakan tidak akan membiarkan skuat Garuda bermain sesukanya di kandang. “Tentu saja pemain saya siap dan bek-bek saya siap membangun pertahanan untuk menghentikan mereka dan fokus,” kata dia.

Sebelum menghadapi Indonesia, Timnas Malaysia telah menjalani laga uji coba melawan Yordania dia Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (30/8/2019). Pada laga tersebut Harimau Malaya takluk 0-1 dari Yordania. Tan mengatakan pertandingan tersebut cukup untuk menjadi modal saat menghadapi Indonesia.

“Itu pertandingan memanaskan badan. Walau kalah 0-1, kami nampak banyak berkembang. Semua lawan bisa saja menguasai situasi, tetapi pemain kami siap untuk laga tersebut,” kata dia.

Ini skor 10 pertemuan terakhir Indonesia vs Malaysia di kandang Indonesia:

6 Sep 2016 Indonesia 3-0 Malaysia

14 Sep 2014 Indonesia 2-0 Malaysia

29 Des 2010 Indonesia 2-1 Malaysia

1 Des 2010 Indonesia 5-1 Malaysia

6 Jun 2008 Indonesia 1-1 Malaysia

28 Des 2004 Indonesia 1-2 Malaysia

2 Agu 1999 Indonesia 6-0 Malaysia

9 Okt 1997 Indonesia 4-0 Malaysia

13 Sep 1996 Indonesia 1-3 Malaysia

8 Des 1995 Indonesia 3-0 Malaysia
(rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *