by

Pembangunan RSUD Depok Wilayah Timur Tahap Satu Telan Dana Rp 105 Miliar

Rumah sakit (ilustrasi)

DepokRayanews.com- Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok di wilayah timur akan dimulai April mendatang, setelah detail engineering desain (DED) rampung dikerjakan tahun lalu. RSUD Kota Depok akan dibangun di Jalan Raya Tapos yakni di RT 05 RW 04, Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos di atas lahan seluas 9.811 meter per segi.

”Sekarang sedang persiapan proses lelang yang akan memakan waktu sekitar 2 bulan. Target kita, pembangunan fisik dimulai April mendatang,” kata Kepala Bidang Tata Bangunan, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Pemerintah Kota Depok, Suwandi, Jumat 17 Januari 2020.

Sesuai rencana, pada tahap satu dibangun beberapa infrastruktur yang menjadi prioritas seperti pembuatan struktur dan fasad (pembungkus luar) bangunan. “Total anggaran pembangunan tahap satu sebesar Rp 105 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kota Depok Dudi Mi’raz Immadudin mengatakan, lahan seluas 9.811 meter persegi untuk RSUD wilayah timur ini sudah dibebaskan dengan anggaran sebesar Rp 27,6 miliar dari APBD Kota Depok.

Tahap awal, RSUD ini akan dibangun lima lantai dengan 100 tempat tidur. Pembangunannya kata dia, tidak bisa sekaligus karena bergantung anggaran. RSUD ini nantinya juga akan dilengkapi dengan beragam fasilitas poliklinik (poli) seperti poli umum, kandungan dan kebidanan, bedah, hingga anak sesuai kebutuhan warga. Kemudian ada fasilitas NICU, PICU, ICU, Perina, dan sebagainya.

Kota Depok sudah memiliki RSUD di wilayah barat yakni di Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Sawangan. Pertimbangan jarak membuat pembangunan RSUD di wilayah timur dirasakan perlu demi memberikan pelayanan kesehatan maksimal bagi warga Depok. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed