by

Pembangunan Underpass Jalan Dewi Sartika Ditunda Tahun Depan

Pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika Kota Depok ditunda tahun depan.

Depokrayanews.com- Rencana pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika Kota Depok tahun ini terpaksa ditunda tahun depan menyusulnya merebaknya virus corona atau covid-19.

“Ini kebijakan provinsi. Pembangunanya ditunda tahun depan dengan menggabungkan seluruh anggaran di 2021. Jadi nanti pembangunannya sekaligus, tidak dua tahap. Mudah-mudahan bisa dibangun sekaligus pada 2021 nanti,” kata Walikota Depok, Mohammad Idris.

Ia mengatakan, penundaan proyek pembangunan underpass Dewi Sartika bukan terkait masalah lain, akan tetapi adanya pandemi Covid 19 di Kota Depok. Menurut Idris, hampir semua proyek infrastruktur ditunda terkecuali yang mendesak dan bermanfaat untuk kedepan.

“Misalnya RSUD wilayah timur, ini dibutuhkan. Masalah fasilitas kesehatan di wilayah timur memang diperlukan. Selain itu sekolah. Pembangunan sekolah banyak namun menurut kami ada satu sekolah yang harus tetap dibangun kalau enggak salah SMP di Harjamukti yang sudah hampir empat tahun menumpang di sekolah lain, akhirnya tetap akan kami bangun,” kata dia.

Beberapa proyek infrastruktur yang harus ditunda pembangunannya akibat Covid 19 ini diantaranya jalan lingkungan, jalan besar, jembatan dan lainnya.

“Tapi kalau wilayah yang rawan banjir tetap kami lakukan pengerjaannya, misalnya di BSI ada pembangunan turap tetap kami bangun. Ini untuk mencegah agar tidak terjadi banjir lagi,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Depok, Widyati Riandani mengatakan Pemkot Depok sudah menyiapkan dana Rp 150 miliar
untuk biaya pembebasan lahan pembangunan underpas Jalan Dewi Sartika.

“Pemerintah kota yang membebaskan lahannya, Rp 56 miliar itu tahap pertama belanja langsung dari Provinsi Jawa Barat karena jalan itu masuk jalan provinsi. Pembangunannya sebesar Rp 120 miliar tapi akan dibagi dua tahap 2020 dan 2021,” tandasnya.

Pemerintah juga sudah melakukan sosialisasi pembebasan lahan akhir tahun lalu dan tahun ini pembebasan lahannya selesai. Luas lahan yang dibebaskan 6.000 meter. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *