by

Pemerintah akan Keluarkan Paket Kebijakan Ekonomi Baru

Darmin Nasution
Darmin Nasution Menko Perekonomian.

Depokrayanews.com- Pemerintah dalam waktu dekat akan meluncurkan paket kebijakan ekonominya yang ke-16.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, paket kebijakan ekonomi kali ini lebih besar dari pada paket-paket sebelumnya karena seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah terlibat untuk menjalankan paket kebijakan ekonomi ini.

“Itu paket besar. Seluruh kementerian, lembaga, gubernur, bupati, wali kota. Tunggu saja,” kata Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Paket kebijakan ini difokuskan untuk mempercepat pelaksanaan investasi, mengingat investasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Darmin, nantinya seluruh permasalahan perizinan baik di pusat maupun di daerah akan diselesaikan dengan satu model.

“Kita akan meluncurkan satu program besar untuk mempercepat pelaksanaan investasi,” kata dia.

Paket kebijakan ke-16 akan diumumkan dalam waktu sepekan ke depan. Sebelumnya, saat paket kebijakan ekonomi ke-15 diumumkan, Darmin menyebutkan akan memasukkan masalah peraturan tata niaga terkait ketentuan larangan terbatas (lartas) impor dan ekspor dalam paket kebijakan berikutnya.

Namun, pemerintah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memprosesnya dan membutuhkan kajian terlebih dahulu. “Sebenarnya paket yang lain yang dulu saya janjikan waktu paket 15 diumumkan, bahwa kita akan memproses supaya lartas itu turun ya. Yang tadinya 48-9 persen, kita sedang menurunkannya mengarah ke 17 persen walau tidak bisa sekaligus. Itu perlu waktu, pekerjaan besar. Rewel itu kerjaannya,” kata dia. (mad/rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *