by

Pemerintah Jabar Siapkan Konsep WFH Permanen, ASN Bisa Bekerja dari Mana Saja

DEPOKRAYANEWS.COM- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tengah mengkaji kebijakan work from home (WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk jabatan tertentu tanpa harus datang ke kantor secara permanen.

“Jadi bukan dari rumah tapi dari mana saja. Katakanlah salah satu jabatan fungsional itu namanya adalah analis kebijakan. Mereka-mereka ini bisa bekerja dari mana saja,” kata Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmadja di Bandung, Senin 9 Mei 2022.

ASN Pemprov Jabar saat ini tercatat mencapai 37.000 di mana 27.000 diantaranya menduduki jabatan fungsional. Saat ini ada sekitar 3.380 pegawai jabatan fungsional analis kebijakan yang mulai melakukan WFH. Dengan peraturan baru, para pegawai ini bisa bekerja dari mana saja tanpa harus datang ke kantor. Meski begitu, monitoring absensi pegawai tetap dilakukan melalui aplikasi yang bisa diakses dari manapun.

“ASN nanti bisa work from Bali atau kami juga kembangkan work from Pangandaran. Tetapi kami harus analisa jabatannya mana saja dan yang penting bisa berkontribusi ke unit organisasinya. Selain itu, kami ada aplikasi absen yang mana itu memudahkan,” kata dia.

Meski bisa bekerja di luar kantor, pegawai diwajibkan tetap memenuhi standar kerja seperti mengisi daftar kehadiran dan aturan lainnya.

“Jadi, misalkan Pak Heri ditugaskan ke Bali. Dia kan kerja dari pagi kemudian bisa langsung absen dari mana saja. Ini punya Jabar dan yang penting kami kerja sesuai hitungan waktu masuk terpenuhi dan sistem bisa diubah,” kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan beberapa pekerjaan ASN ke depannya bisa dilakukan dari rumah alias work from home melalui sebuah sistem yang melibatkan kecanggihan teknologi digital. (and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *