by

Pemerintah Konversi 75 Persen Oksigen Industri untuk Medis

Depokrayanews.com- Pemerintah akan mengalihkan 75 persen oksigen untuk kebutuhan industri menjadi untuk medis yang akan digunakan untuk pasien covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pengalihan (konversi) oksigen tersebut dilakukan untuk menambah stok oksigen seiring lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

“Kami sudah mendapatkan komitmen daripada supplier oksigen ini bahwa mereka bisa mengalihkan kapasitas oksigen untuk industri ke medis,” kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat 25 Juni 2021.

Menurut Budi, sebenarnya Indonesia tidak kekurangan oksigen. Yang membuat Indonesia terlihat kekurangan oksigen yaitu karena 75 persen oksigen tersebut selama ini diperuntukkan untuk industri. Sehingga, 75 persen itu harus dialihkan ke medis.

Kapasitas oksigen untuk industri mencapai 476.213. Sementara untuk medis sebanyak 156.188. Menurutnya jumlah tersebut cukup.

Sebelumnya, persediaan oksigen di beberapa daerah dikabarkan menipis, seperti Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul Sri Wahyu Joko Santosa menuturkan menipisnya stok oksigen seiring dengan kebutuhan yang meningkat belakangan. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed