by

Pemerintah Pusat Minta 2 Situ yang Hilang di Depok Segera Dikembalikan

DEPOKRAYANEWS.COM- Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) meminta Pemerintah Kota Depok untuk segera mengembalikan dua situ yang hilang dan telah beralih fungsi menjadi pemukiman penduduk. Kedua situ itu adalah Situ Gugur di Bedahan, Kecamatan Sawangan dan Situ Krukut di Krukut di Kecamatan Limo.

“Ada arahan dari kementerian untuk segera mengembalikan situ yang masuk dalam catatan negara namun eksistingnya dibilang sudah tak ada,” kata Walikota Depok Mohammad Idris ujar Idris.

Menurut Idris Kota Depok sebenarnya punya 26 situ. Dua situ di wilayah Cimanggis tidak mungkin lagi dikembalikan karena sudah berubah fungsi menjadi kawasan perumahan. Jadi pemerintah pusat hanya meminta Citu Gugur dan Situ Krukut yang dikembalikan fungsinya.

”Kami sudah instruksikan Situ Gugur diwujudkan kembali. Begitu juga dengan Situ Krukut, karena kementerian meminta itu, karena SMPN 13 akan direlokasi,” kata Idris.

Idris menyebut, pemerintah pusat akan membantu merevitalisasi sejumlah situ di Kota Depok. Tahun 2022 ini, paling tidak ada 8 situ akan direvitalisasi. “Ada 8 situ yang akan direvitalisasi, kami minta 70 persen anggaran dari pemerintah pusat. Namun kami khawatir direfocusing karena ada lonjakan covid-19 lagi, makanya kami belum sosialisasi secara luas,” kata dia.

Sebanyak 8 situ yang akan direvitalisasi itu, antara lain Situ Pengarengan, Sawangan, Pengasinan dan Situ Cilodong.

“Revitalisasi ini masih kewenangan pemerintah daerah, mudah-mudahan masih bisa kami laksanakan. Yang enggak bisa itu penataan dan pengelolaan, ini masih kami upayakan,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *