by

Pemerintah Siapkan Dana Rp 465,3 Miliar untuk Renovasi Masjid Istiqlal

Presiden Jokowi meninjau area Masjid Istiqlal yang tengah direnovasi.

DepokRayanews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat 7 Februari 2020. (7/2/2020). Renovasi Masjid Istiqlal sudah dimulai pada tahun 2019 lalu.

”Ini renovasi terbesar Masjid Istiqlal sejak 41 tahun yang lalu sehingga membutuhkan anggaran yang cukup besar yakni mencapai Rp 465,3 miliar,” kata Jokowi kepada wartawan.

Dalam kunjungan itu, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Agama Fachrul Razi, Dirjen Cipta Karya PUPR, Danis H Sumadilaga, perwakilan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan pihak pengelola Masjid Istiqlal.

Renovasi tersebut diantaranya perbaikan lantai, penggantian karpet, lampu, sound system, pembangunan basement, interior, eksterior hingga taman. “Basementnya ditambah sehingga nanti parkir tidak masuk ke sini, ini batas suci di sini. Juga pembangunan landscape di luar, bukan hanya interior, eskterior semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi,” kata Jokowi.

Renovasi Masjid Istiqlal menyusul amanat Presiden Jokowi kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk melaksanakan renovasi Masjid Istiqlal melalui perencanaan, pelelangan. Pelaksanaan renovasi untuk mewujudkan Masjid Istiqlal sebagai Masjid Negara yang indah dan menjadi kebanggan bangsa Indonesia.

Pelaksanaan renovasi masjid Istiqlal dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya selama 300 hari kalender melalui Kontrak Tahun Jamak 2019-2020. Kontraktor yang melaksanakan kegiatan ini adalah PT. Waskita Karya (Persero) dengan Manajemen Konstruksi PT Virama Karya.

Adapun lingkup kegiatan meliputi Penataan Ulang Kawasan pada plaza dan gerbang, area dalam masjid, mihrab, koridor, ruang wudhu, toilet, perbaikan system Mekanikal Elektrical dan Piumbing Bangunan Masjid, serta renovasi Sistem Signage. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *