by

Pemkot Depok Ajukan Bantuan Stimulus untuk 80.000 UMKM ke Pemerintah Pusat

DEPOKRAYANEWS.COM- Pemerintah Kota Depok menggajukan sebanyak 80.000 usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mendapatkan bantuan stimulus dari pemerintah pusat.

“(Sebanyak) 80.000 UMKM yang diajukan untuk mendapatkan stimulus yaitu UMKM di bawah binaan dan di luar binaan DKUM Kota Depok,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Dede Hidayat kepada wartawan usai acara pembukaan pelatihan Wirausaha Baru (WUB) Tahun 2022 yang diikuti 2.100 orang, Senin 15 Agustus 2022.

Menurut Dede, bantuan stimulus akan segera diberikan pemerintah pusat kepada UMKM Kota Depok. Namun bantuan stimulus yang diajukan akan diberikan bertahap.

“Jadi bantuan stimulus UMKM diberikan bertahap sehingga semangat UMKM Kota Depok dapat kembali bergelora dan mampu bersaing dengan UMKM dari wilayah lain,” kata Dede.

Dede menyebut, UMKM di bawah naungan DKUM Kota Depok yang paling terdampak Covid-19 adalah pengusaha kuliner dan fashion. Mereka tidak dapat bergerak bebas atau mendapatkan keterbatasan waktu membuka usahanya akibat penyebaran Covid-19.

Pemerintah Kota Depok, kata Dede, berusaha menciptakan pelaku wirausaha baru setelah melewati pandemik Covid-19. Untuk itu, Pemkot Depok telah membuat program menciptakan 5.000 pelaku wirusaha usaha baru dan 1.000 pelaku usaha perempuan.

“Kami memberikan pelatihan kepada 5.000 pelaku wirausaha dan 1.000 pelaku usaha perempuan, mulai 15 hingga September mendatang secara bertahap dalam 13 angkatan,” kata Mantan Camat Bojongsari itu.

Dengan adanya wirausaha baru akan menambah jumlah UMKM Kota Depok di bawah binaan DKUM. Rencananya, DKUM Kota Depok akan merangkul UMKM di luar binaan Pemerintah Kota Depok, sehingga pembinaan UMKM akan terdata dan tertata di wilayah Kota Depok. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed