by

Pemkot Depok dapat Bantuan Mesin Pengolahan Sampah Jadi Energi dari Kementerian PUPR

DEPOKRAYAEWS.COM– Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendapat bantuan mesin pengolahan sampah menjadi energi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Sistem pengolahan sampah itu akan dibangun tahun 2024 di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung dan diharapkan satu tahun kemudian sudah bisa berfungsi.

“Alhamdulillah, Pemkot Depok mendapatkan bantuan melalui program Improvment of Solid Waste Management to Support Regional And Metropolitan Cities Project atau ISWMP. InsyaAllah akan dibangun tahun 2024, dan rencananya tahun 2025 mulai beroperasi,” kata Kepala Unit Pelayanan terpadu (UPT) Cipayung Ardan Kurniawan, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Selasa 6 Juni 2023.

Menurut Ardan, Wali Kota Depok beberapa waktu lalu sudah mengusulkan dan meminta bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, agar sampah di lokasi TPA Cipayung dapat ditangani dengan baik, mengurangi polusi udara dan bahaya longsor ke Kali Pesanggrahan,

Bantuan ini merupakan program nasional yang bertujuan meningkatkan kinerja pengelolaan sampah yang beradaptasi dengan berbagai kondisi perkotaan yang berbeda di Indonesia. Tentunya, dengan menggunakan teknologi modern. “Jadi, bukan mengenai pembuangan sampahnya, tetapi sampah yang sudah ada kita kelola menjadi sebuah energi,” kata dia.

Sebelumnya Pemkot Depok pernah melakukan MoU dengan Jawa Barat terkait pembuangan sampah ke wilayah Nambo, namun sampai sekarang belum ada realisasinya. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *