Pemkot Depok Genjot Pembentukan Bank Sampah di Setiap RW

Sebarkan :

 
Kabid Kebersihan, Kusumo.

Kabid Kebersihan, Kusumo.

Depokrayanews.com- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menargetkan pembentukan 600 bank sampah sampai akhir 2017,

“Tahun sebelumnya di Depok ada 483 bank sampah dan tahun 2016 jumlahnya 550 dan sampai akhir tahun ini target kami 600,” kata Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan DLHK Kota Depok, Kusumo, Senin (20/03/2017).

Kusumo menyebut jumlah RW di Kota Depok sebanyak 895, Artinya, kalau target 6000 bank sampah tahun ini, maka tersisa sepertiga dari jumlah RW se-Kota Depok yang belum memiliki bank sampah. Pada tahun 2020 setiap RW memiliki bank sampah.

“Permasalahan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi juga semua masyarakat,” kata Kusumo.

Saat ini respons masyarakat terhadap pembentukan bank sampah sudah sangat besar. Antusiasme warga terlihat sangat tinggi, baik untuk pembentukan bank sampah maupun kegiatan pemilahan sampah. Bahkan, dikatakan kusumo saat ini masyarakat sudah aktif membentuk kelompok yang bergerak di bidang pengelolaan sampah.

“Ada salah satu bank sampah di Tanah Baru yang dalam satu minggu bisa mencapai Rp 2 juta, dari kegiatan bank sampah ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi wilayah lainnya,” kata dia.

Kusummo berharap, pemasukan yang bisa didapat dari bank sampah ini juga bisa membuat masyarakat terlecut untuk semakin serius mengolah bank sampah di wilayahnya, karena selain untuk mengurangi volume sampah juga bisa mendapatkan keuntungan ekonomis dari kegiatan bank sampah. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Profil Dedi Supandi, Pejabat Sementara Walikota Depok

Depokrayanews.com- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil melantik Dedi Supandi sebagai pejabat sementara (Pjs) Walikota ...