by

Pemkot Depok Luncurkan Aplikasi Kerakyatan, Bisa Lihat Data Penerima KDS

DEPOKRAYANEWS.COM- Pemerintah Kota Depok akan meluncurkan aplikasi kerakyatan agar masyarakat bisa mendaftar dan melihat siapa saja yang menerima Kartu Depok Sejahtera (KDS).

“Dua pekan ke depan sebuah aplikasi kerakyatan akan diluncurkan. Di mana nantinya semua orang bisa daftar KDS, dan bisa lihat siapa saja yang dapat KDS,” kata Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono kepada wartawan di Depok, Rabu 18 Mei 2022.

Dengan adanya aplikasi itu, masyarakat bisa mendaftar untuk mendapatkan KDS. Data yang diinput ke dalam aplikasi itu, akan diverifikasi oleh koordinator lapangan. “Ketika data masuk ke aplikasi tersebut, maka koordinator akan memverifikasi apakah orang tersebut benar-benar layak untuk mendapatkan KDS atau tidak,” kata Imam.

Melalui aplikasi itu, masyarakat bisa melihat secara transparan nama-nama penerima KDS. Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi kecurigaan terhadap program yang memberikan 7 manfaat tersebut. ”Jadi semua data penerima KDS bisa dilihat secara transparan oleh semuanya,” kata Imam.

Masyarakat, kata dia, juga bisa melaporkan bila melihat ada warga yang dirasa perlu mendapat bantuan untuk kemudian ditindak lanjuti oleh Dinas Sosial.

Soal KDS sempat viral karena menimbulkan polemik berkepanjangan antara DPRD Kota Depok dengan Pemerintah Kota Depok karena dianggap sarat dengan kepentingan politik.

Sebanyak 33 anggota DPRD Kota Depok kemudian mengajukan hak interpelasi kepada Walikota dan Wakil Walikota Depok dalam Sidang Paripurna.

Sebelumnya 38 anggota DPRD Kota Depok, di luar PKS sempat menyampaikan mosi tidak percaya kepada Ketua DPRD Kota Depok TM. Yusufsyah Putra dari PKS. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *