Pemkot Depok Menggandeng BPKP untuk Lakukan Pengawasan

Sebarkan :

 
Walikota Depok menandatangani MoU dengan BPKP perwakilan Jawa Barat.

Walikota Depok menandatangani MoU dengan BPKP perwakilan Jawa Barat.

Depokrayanews.com- Pemkot Depok menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan pengawasan dan pengembangan manajemen keuangan di Pemkot Depok.

“Ini salah satu upaya kita agar kualitas pelayanan di Depok bisa lebih maju dan memiliki nilai yang bagus,” kata Walikota Depok, Mohammad Idris usai menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan BPKP Provinsi Jawa Barat di Balaikota Depok, Rabu (8/3/2017).

Menurut Idris, penandatangan MoU itu merupakan bukti keseriusan Pemkot Depok untuk mengembangkan manajemen keuangan, pemerintahan, serta manajerial.

Dengan adanya MoU ini, akan mempermudah pengawasan serta pengembangan tata pemerintahan di Kota Depok. Apalagi BPKP juga melakukan pendampingan di bidang keuangan dan juga SDM.

“Untuk mencapai good government dan clean government, perlu ada sebuah rekayasa sosial dan rekayasa politik, yaitu bagaimana langkah Pemerintah Kota Depok ke depan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” kata Idris.

Mohammad Idris juga menjelaskan, kesuksesan sebuah pemerintahan tidak hanya didapatkan dengan sebuah sistem. Dukungan SDM pegawai, juga diperlukan agar sistem tersebut berjalan dengan baik.

“Harus ada pengokohan antara SDM dan sistem, diharapkan BPKP bisa menjadi pendamping bagi kami,” kata Idris

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Deni Suardini mengapresiasi  pelaksanaan MoU ini.

MoU itu, katanya, merupakan langah sinergis antara Pemkot Depok dengan BPKP dalam hal pengawasan serta pengembangan tata pemerintahan di Kota Depok.

“Dalam mewujudkan  pemerintahan yang baik harus dilakukan secara partisipatif, transparan, dan akuntabilitas. Maka dengan adanya MoU ini, ketiga hal tersebut akan menjadi prinsip dalam mengelola tata pemerintahan,” kata dia.

Terkait akuntabilitas, pihaknya juga mengapresiasi apa yang sudah diraih Depok, yaitu penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut.

Akuntabilitas keuangan dan akuntabilitas kinerja Pemkot Depok, kata Deni, sudah dievaluasi dan Depok mendapatkan predikat sangat tinggi. Dengan fakta itu, Depok sudah masuk predikat pemerintahan yang baik. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gatot Nurmantyo Dihadang Dandim Ketika Masuk TMP Kalibata

Depokrayanews.com- Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo sempat diprotes oleh sekelompok ...