by

Pemkot Depok Renovasi 1.381 Rumah Tidak Layak Huni

DEPOKRAYANEWS.COM- Sebanyak 1.381 unit rumah akan direnovasi melalui program Kartu Depok Sejahtera (KDS) Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahun 2024.

Pemerintah Kota Depok menyiapkan anggaran sebesar Rp35.075.000.000 untuk merenovasi rumah-rumah tersebut. Dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Masing-masing penerima manfaat mendapatkan Rp23 juta. Dengan rincian, Rp20 juta untuk bahan material dan Rp3 juta untuk jasa tukang,” kata Kepala Disrumkim Kota Depok Dadan Rustandi di Depok, Kamis 5 September 2024

Calon penerima manfaat program tersebut sudah mengikuti seleksi yang dilakukan tim dari Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok dan dinyatakan lolos verifikasi sebagai penerima manfaat.

Dikatakan sebagian besar penerima manfaat telah mendapatkan dana pencairan melalui Bank Jabar Banten (BJB).

Tidak semua rumah yang ditargetkan, mendapat bantuan dana KDS RTLH. Dari target awal 1.525 unit rumah, kini dipangkas menjadi 1.381 unit. Artinya ada 144 unit rumah tidak lolos verifikasi.

Dadan menyebut ada beberapa alasan yang mendasari dan menyebabkan rumah tidak bisa mendapat bantuan. Antara lain rumah sudah dijual dan sudah pernah mendapatkan bantuan RTLH atau sejenisnya pada tiga tahun terakhir.

“Ada juga, rumah yang ditinggali dinilai sudah layak. Jadi ketika kita tinjau, itu rumahnya sudah bagus, sudah diperbaiki,” katanya. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *