by

Penambahan Kasus Covid-19 Naik 40 Kali Lipat Dibanding Januari

DEPOKRAYANEWS.COM- Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan rasio kasus positif virus corona atau positivity rate Indonesia sudah berada di angka 6 persen pada Rabu 2 Februari 2022. Angka itu melebihi standar aman rasio positif versi WHO 5 persen.

“Positivity rate harian pemeriksaan antigen dan PCR telah mencapai angka 6 persen atau telah berada di atas standar WHO. Imbasnya, jumlah kasus positif saat ini sudah naik 40 kali lipat dibanding awal Januari lalu,” kata Wiku Adisasmito kepada wartawan di Jakarta, Rabu 2 Februari 2022.

Menurut Wiku, positivity rate di Indonesia sudah tinggi mengingat sebelumnya konsisten di angka 0-2 persen. Tren penambahan kasus positif terus meningkat terutama dalam sepekan terakhir.

Bahkan jika menghitung penambahan kasus positif dalam sepekan, peningkatan tercatat hingga 40 kali lipat dibandingkan awal Januari.

“Pada minggu ini kasus mengalami lonjakan, penambahan seminggu sampai 56 ribu kasus. Jumlah ini meningkat 40 kali lipat dibandingkan awal Januari,” kata Wiku.

Dia kembali mengingatkan masyarakat agar tidak mengabaikan protokol kesehatan. Menurutnya, lonjakan kasus positif bisa menjadi pengingat warga untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Tentunya angka kenaikan positif ini sudah seharusnya menjadi peringatan kita semua supaya merefleksikan diri kita terhadap protokol kesehatan,” kata dia.

Sejauh ini, total kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 4.387.286. Bertambah 17.895 pada Rabu 2 Februari 2022.

Kasus varian Omicron juga bertambah menjadi 2.980 kasus. Temuan varian Omicron bertambah 982 kasus dari data pekan sebelumnya yakni 1.998 kasus. (ant/mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed