by

Penderita AIDS di Kota Depok Bertambah 251 Orang

DEPOKRAYANEWS.COM-Jumlah kasus penderita AIDS di Kota Depok terus bertambah hingga September 2022 sekitar 251 kasus.

“Jumlah penderita HIV AIDS di Kota Depok sejak Januari hingga September 2022 mencapai 251,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat menghadiri puncak acara Hari AIDS Sedunia (HAS) tingkat Kota Depok.

Dia menambahkan, bertambahnya kasus positif HIV bisa dikarenakan berbagai faktor seperti hubungan sek bebas, jarum suntik dan prilaku lainnya. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat bersinergi guna mengakhiri penyakit AIDS di Indonesia pada tahun 2030.

“Ini tugas kita bersama untuk mengakhiri AIDS di tahun 2030 dengan seluruh jajaran pemerintah pusat, pemerintah daerah, kalangan swasta, dunia usaha, akademisi, media dan komunitas,” tuturnya.

Program penanggulangan HIV masuk dalam indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan. Dalamn pemenuhan mutu tersebut, dibutuhkan layanan yang bermutu dan terstandar.

“Sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk mempercepat peningkatan akses pengobatan,” katanya.

Hal tersebut, sambungnya, dilakukan dengan layanan yang berkualitas melalui strategi Suluh, Temukan, Obati, Pertahankan (STOP).

Pemkot Depok juga terus berupaya meningkatkan layanan terhadap kasus HIV/AIDS. Saat ini, terdapat sejumlah fasilitas kesehatan yang sudah mampu menangani kasus HIV/AIDS. Untuk layanan tes HIV terdapat di 38 Puskesmas, 24 rumah sakit dan satu klinik di Rutan Cilodong.

Sedangkan layanan perawatan dan pengobatan berada di empat rumah sakit, yaitu RSUD KISA Kota Depok, RS Sentra Medika, RS Universitas Indonesia dan RS Hermina.

Ada empat Puskesmas yang memberikan layanan perawatan dan pengobatan bagi pasien HIV/AIDS yaitu Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Cipayung, Puskesmas Cimanggis, dan Puskesmas Tapos.

Berdasarkan catatan depokrayanews.com, total penderita AIDS di Kota Depok dalam periode 2013 hingga September 2021 mencapai 1.244 orang.

Berdasarkan Rekap Data Statistik orang dalam HIV/AIDS (ODHA) dari 1.244 orang yang terpapar AIDS itu, sebanyak 904 adalah laki-laki dan 340 perempuan. Dari jumlah itu, 122 orang meninggal dunia yang terdiri dari 74 laki-laki dan 38 perempuan

Dari 11 kecamatan di Kota Depok, Kecamatan Pancoran Mas menjadi wilayah dengan ODHA terbanyak yakni 227 ODHA. Di urutan kedua ada Kecamatan Cimanggis dengan 210 orang, dan Kecamatan Sukmajaya di urutan ketiga dengan 194 orang. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *