Pendiri Alibaba Jack Ma Bongkar Rahasia Sukses Orang China

Sebarkan :

 

Jack Ma pendiri Alibaba

Depokrayanews.com- Pendiri Alibaba, Jack Ma membongkar rahasia atau kunci sukses orang-orang China. Apa itu ?

China kini telah mejadi negara dengan perekonomian terbesar kedua dunia setelah Amerika Serikat (AS). Bahkan, telah menjadi rumah kedua bagi banyak miliarder, salah satunya Jack Ma sendiri.

Jack Ma pun mengungkap bagaimana kontroversi sistem kerja 996, yakni kerja super keras selama 12 jam dari pukul 9 pagi hingga 9 malam dalam 6 hari seminggu.

Dalam sebuah wawancara dengan CGTN yang dilansir di Jakarta, Rabu 26 Agustus 2020, Jack Ma menyebut sistem kerja 996 merupakan salah satu faktor penyebab China bisa maju seperti sekarang.

“Karena ‘996’ atau ‘997’ ini, Tiongkok mampu meraih berbagai pencapaian dan mengapa dunia mengagumi China dan pencapaiannya dalam 40 tahun terakhir. Dan inilah mengapa kita memiliki misi luar angkasa Shenzhou V dan Shenzhou VI. Semua ini membangun kepercayaan diri kita untuk masa depan,” kata dia.

Ma yang telah pensiun dari Alibaba tahun lalu karena ingin fokus filantropi ini menyinggung hal lain yang merupakan keunggulan orang-orang China, yaitu mau belajar untuk bekal kemajuan.

“Saya pikir adalah luar biasa orang-orang China tahu lebih banyak tentang Amerika Serikat daripada Amerika tahu tentang China. Salut kepada kapasitas belajar orang-orang China. Kita membuka pikiran kita. Kita bisa belajar dari yang lain, yang membantu kita untuk maju,” kata Jack Ma.

Jack Ma mengungkap dalam empat dekade ke belakang, kapasitas belajar orang-orang China serta kemauan untuk mengetahui tentang dunia telah membawa perbedaan bagi bangsa lainnya.

“Kita telah mengembangkan diri kita sendiri,” kata Jack Ma.

Namun, menurutnya masih ada catatan bagi China agar dunia bisa lebih mengetahui tentang negara mereka agar tak terjadi kesalahpahaman, yaitu kepercayaan.

“Kepercayaan adalah berdasarkan pada pemahaman. Jadi saya percaya kita harus mengembangkan pendekatan yang berbeda, untuk membantu dunia agar memahami negara kita, budaya kita dan warga kita,” kata dia.

Jack Ma merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Tionghoa. Dia merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Dia merupakan warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia.

Jack Ma lahir pada 10 September 1964 (usia 55 tahun), di Hangzhou, Tiongkok. Kekayaan bersihnya hingga saat ini mencapai 48,7 miliar USD 2020 atau sekitar Rp 540 triliun.

Jack Ma adalah pendiri organisasi Alibaba Group, Alibaba.com, AliPay (China) Internet Technology
Latar belakang pendidikannya adalah Cheung Kong Graduate School of Business (2006), dan Hangzhou Normal University (1988). (mad/wartaekonomi)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kenaikan Tarif Bea Materai Gerek Pendapatan Negara Rp 4,4 Triliun

Depokrayanews.com- Kenaikan tarif bea meterai dari Rp 3 ribu dan Rp 6 ribu menjadi Rp 10 ribu ...