Pengusaha Besar, Menegah dan Kecil Perlu Menjalin Sinergi yang Kuat

Sebarkan :

 
Dwi Rachma (kiri) Kabag Ekonomi Setda Depok.

Dwi Rachma (kiri) Kabag Ekonomi Setda Depok.

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota Depok mendorong terjalinnya sinergi yang kuat antara pengusaha besar dan pengusaha kecil menengah,

“Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Depok, Pemkot Depok berharap adanya sinergi antara pengusaha besar dengan pelaku usaha kecil. Sinergi ini untuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan dan juga peningkatan ekonomi, agar tidak terjadi kesenjangan di antara pelaku usaha,” kata Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Depok, Dwi Rachma pada Forum Ekonomi Kota Depok, Selasa (14/03/2017).

Kerjasama yang dimaksud Dwi Rachma, bisa berbentuk bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan besar.

Pembangunan Kota Depok, khususnya di bidang ekonomi butuh partisipasi dari pengusaha besar. Dengan keterlibatan swasta, kegiatan perekonomian tidak harus dibebankan kepada pihak Pemkot Depok semata, tapi, ada keterlibatan komponen lain di dalamnya.

“Seperti misal Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang membuka jalan untuk memberikan training center, kami harap pengusaha swasta juga bisa melakukan hal yang sama,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Kadin Kota Depok, Desfandri dalam forum itu mengatakan bahwa Kadin Kota Depok sudah membentuk Kadin Depok Training Center (KDTC). Lembaga itu dibentuk untuk membabtu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran.

Kemudian Kadin juga akan membantu pemasaran produk-produk UMKM Kota Depok kepada perusahaan besar atau pabrik yang ada di Kota Depok.

Di Depok saat ini terdapat 65 perusahaan penanaman modal asing (PMA) dan lebih dari 2.000 PMDA.

“Ada ratusan ribu karyawan yang bekerja di perusahaan itu dan tentu ini merupakan pasar yang luar biasa bagi produk-produk Depok,” kata Desfandri.

Kadin juga mengusulkan diadakannya lomba bagi produk yang dihasilkan Kota Depok, sehingga terjadi persaingan yang tehat terhadap peningkatan mutu dan kualitas produk.

“ES Teller 77 top, dan maju sampai sekarang karena juara satu lomba es teler di DKI Jakarta, pola-pola seperti itu perlu kita kembangkan agar kreatifitas makin bagus,” kata Desfandri. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Depok Butuh Tambahan Tenaga Medis

Depokrayanews.com – Dinas Kesehatan Kota Depok mengajukan permintaan tambahan tenaga medis ke berbagai organisasi profesi menyusul makin penuhnya ...